4 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi seperti saat ini banyak bisnis yang terpaksa tutup dan mengalami banyak kerugian. Meski begitu, ada juga bisnis yang kembali bangkit dengan inovasi baru yang memahami kebutuhan pasar. Namun, ada juga bisnis yang harus menyerah dan berhenti melangkah karena terhambat keuangan. Apakah Anda termasuk salah satu bisnis yang terhalang masalah keuangan? Di bawah ini kartunama.net akan memberikan informasi mengenai cara mendapatkan pinjaman modal usaha di tengah pandemi yang meringankan dan tidak membebani bisnis Anda.

Mengikuti Program Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Sejak awal pandemi, pemerintah telah mengeluarkan banyak kebijakan baru terutama terkait masalah kredit. Untuk membantu bisnis kecil, pemerintah juga menawarkan pinjaman melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro bagi ibu rumah tangga dan pekerja yang di-PHK tanpa bunga hingga akhir Desember 2020.

Baca Juga: Pentingnya Modal Usaha Agar Bisnis Tetap Berjalan di Masa Pandemi COVID-19 

Namun, tidak semua jenis usaha bisa menikmati program ini. Hanya bisnis dengan aset bersih di bawah Rp50 juta yang bisa menikmati program ini. Selain itu, pemerintah juga tidak memberikan syarat lama usaha. Namun, pelaku usaha mikro yang kurang dari enam bulan harus memenuhi beberapa persyaratan seperti mengikuti program pendampingan formal maupun informal, ikut serta dalam suatu kelompok usaha, dan memiliki anggota keluarga yang juga telah memiliki usaha.

Sedangkan, bagi pegawai yang terkena PHK tidak wajib memiliki usaha minimal 3 bulan dan pelatihan 3 bulan. Sehingga, Anda tetap bisa menerima bantuan dengan usaha kurang dari 3 bulan dengan beberapa syarat yang dibuat pemerintah, salah satunya belum pernah menerima KUR dan hanya bisa mendapatkan pinjaman satu kali.

Lalu bagaimana bagi usaha yang sudah menerima KUR? Bagi Anda yang telah menerima KUR, Anda bisa mengajukan restrukturisasi KUR untuk mendapatkan perpanjangan jangka waktu KUR yang diberlakukan dengan limit plafon.

Menggadaikan Aset yang Dimiliki

Bagi Anda yang memiliki aset berharga dan memiliki nilai, Anda bisa coba menggadaikan aset-aset tersebut untuk sementara hingga Anda berhasil membangun kembali bisnis yang sempat terhenti karena pandemi. Ada banyak aset berharga yang bisa Anda gadaikan seperti BPKB mobil, sertifikat tanah, logam mulia, dan sebagainya. Di tengah pandemi seperti saat ini banyak juga lembaga yang menawarkan bunga rendah hingga bunga 0% hingga 6 bulan.

Mengajukan Pinjaman di Bank

Anda juga bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke bank. Biasanya ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi ketika ingin mengajukan pinjaman di bank, salah satunya lama bisnis Anda berjalan. Karena pihak bank akan melihat terlebih dulu kondisi keuangan bisnis Anda dan potensi usaha di masa depan untuk mempertimbangkan apakah mereka akan memberikan pinjaman atau tidak. 

Untuk melakukan pinjaman ke bank, Anda juga harus mempersiapkan beberapa dokumen bisnis seperti identitas diri, riwayat kredit, beserta dokumen bisnis seperti proposal bisnis dan laporan keuangan. Selain itu, biasanya pihak bank juga akan meminta jaminan untuk jumlah pinjaman yang besar. 

Baca Juga: Cara Mengelola Dana Modal Usaha dengan Tepat

Mencari Investor

Bagi Anda yang tidak ingin mengajukan pinjaman, cara mendapatkan modal yang bisa Anda lakukan adalah mencari investor bisnis. Untuk mendapatkan investor ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti membuat proposal bisnis, menyiapkan laporan keuangan, hingga membuat strategi bisnis yang tepat. Di mana, ketika mencari investor, maka Anda harus bisa menjual bisnis ke calon investor, sehingga Anda harus bisa membuat mereka tertarik dan memberikan pendanaan kepada bisnis Anda.

Nah, sebelum mencari investor, pastikan Anda juga telah mempersiapkan kartu nama bisnis yang dapat membantu Anda memperkenalkan bisnis dengan mudah sekaligus menunjukkan kredibilitas bisnis di mata calon investor.

Dalam pembuatan kartu nama pun jangan asal, pastikan Anda memperhatikan estetika desain dan content dari kartu nama tersebut, sehingga calon investor lebih mudah menemukan informasi penting mengenai bisnis Anda. Untuk memastikan hal tersebut, Anda bisa mempercayakan pembuatan kartu nama bisnis di kartunama.net.

Di kartunama.net, Anda bisa membuat kartu nama dengan desain yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan bisnis. Selain itu, Anda juga tidak memerlukan modal besar untuk mencetak kartu nama di kartunama.net, karena mulai dari Rp17 ribu Anda sudah bisa mendapatkan kartu nama dengan kualitas terbaik dan siap Anda berikan ke calon investor. Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan hati calon investor Anda dengan mencetak kartu nama berkualitas di kartunama.net!