Cara Mengelola Dana Modal Usaha dengan Tepat

Cara Mengelola Dana Modal Usaha dengan Tepat

Ketika Anda ingin memulai bisnis, dana modal usaha menjadi hal pertama yang harus Anda miliki. Sekecil atau sebesar apapun modal yang Anda miliki, penting bagi Anda mengelola modal tersebut untuk mencapai tujuan bisnis.

Biasanya, modal usaha tidak memiliki standar atau angka minimal. Ada bisnis yang membutuhkan modal usaha hanya ratusan ribu, ada juga yang hingga ratusan juta. Semuanya disesuaikan dengan bisnis apa yang ingin Anda jalankan dan apa tujuan bisnis yang ingin Anda capai. Nah, pada artikel kali ini, kartunama.net akan memberikan Anda beberapa cara mengelola modal usaha yang tepat dan bisa Anda terapkan dalam bisnis.

Lakukan Perencanaan yang Matang

Biasanya, seorang pengusaha akan mengumpulkan modal usaha tanpa adanya perencanaan yang jelas. Mereka beranggapan bahwa ketika ingin memulai bisnis, mereka hanya harus memiliki modal, baik modal mental maupun dana, tanpa memikirkan perencanaan bisnis. Namun, jangan sampai ini terjadi pada diri Anda.

Buang jauh pemikiran tersebut, karena ini bisa membuat bisnis Anda tidak bisa berjalan dengan baik, bahkan sulit untuk bertahan di pasar. Pastikan sebelum memulai bisnis, Anda mengetahui bagaimana medan yang akan Anda jalani dan ketahui apa yang Anda butuhkan untuk menghadapi segala tantangan yang ada di depan.

Fokus Pada Satu Bisnis

Banyak pengusaha yang mengalami kegagalan bisnis karena tidak fokus pada tujuan bisnis itu sendiri dan tergiur untuk menjalankan berbagai macam bisnis. Bagi Anda pengusaha pemula, akan lebih baik untuk menghindari hal tersebut dan cobalah untuk fokus menjalankan satu bisnis dengan tekun agar fokus tidak terbagi 2. Karena jika Anda tidak fokus pada satu bisnis, perencanaan bisnis yang sudah Anda rencanakan dengan matang akan menjadi sia-sia. 

Kurangi Berutang

Sering pengusaha baru tergiur dengan utang demi mengembangkan bisnisnya. Ini tidak sepenuhnya salah, namun jika Anda masih di awal, cobalah sabar dan terus berinovasi untuk menarik pelanggan. Karena jika Anda mudah tergiur, bukan hanya Anda terlilit utang, tapi bisa juga bisnis yang sudah Anda bangun dengan dana modal usaha yang dikumpulkan bertahun-tahun menjadi sia-sia dan mengalami kerugian.

Baca Juga: 7 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dengan Mudah

Namun, jika benar-benar membutuhkan, pastikan Anda melakukan utang dengan pihak yang tidak memberatkan dan mempermudah dalam menjalankan bisnis. Misalnya dengan meminjam ke keluarga atau bekerja sama dengan teman dekat untuk menjalankan bisnis bersama. Anda juga bisa memanfaatkan pihak bank yang khusus menawarkan program pinjaman kredit usaha atau KUR (Kredit usaha Rakyat).

Melakukan Konsultasi

Jika Anda tidak ahli di masalah keuangan atau modal bisnis, jangan pernah ragu untuk bertanya langsung ke orang yang lebih memahami hal tersebut. Cobalah melakukan networking dan meminta saran atau komentar dari pengusaha lainnya. Berkonsultasilah dengan kenalan yang lebih berpengalaman, terutama konsultan keuangan atau pebisnis yang sudah terlebih dulu sukses. 

Dengan rajin belajar dan mengupgrade diri, Anda bisa terus berinovasi dan berpengalaman dalam menjalankan bisnis. Jangan pernah malu dan ragu untuk bertanya, karena biasanya pebisnis yang baik akan memberikan kunci-kunci sukses yang pernah mereka lakukan. Jika itu tidak cukup, Anda juga bisa menghadiri beberapa seminar bisnis yang membahas topik-topik penting dalam bisnis. Pilihlah seminar yang memang ingin Anda kunjungi.

Namun, pastikan juga Anda membawa kartu nama bisnis ketika menghadiri seminar bisnis maupun saat melakukan networking. Cobalah ajak beberapa pebisnis lain yang menghadiri acara tersebut untuk bertukar kartu nama. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa memperkenalkan diri Anda tapi juga bisa memperkenalkan bisnis. Selain itu, dengan adanya kartu nama, Anda bisa berkenalan dan mencari rekan bisnis di acara tersebut dengan lebih profesional, sehingga secara otomatis bisa meningkatkan kredibilitas bisnis. 

Nah, untuk membuat kartu nama yang berkualitas dan membantu meningkatkan kredibilitas bisnis, Anda bisa membuat dan mencetaknya langsung di kartunama.net. Tanpa harus menghabiskan modal usaha Anda, kartunama.net bisa membantu Anda mencetak kartu nama mulai dari Rp17 ribuan. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot mendesain kartu nama, karena kartunama.net juga menyiapkan berbagai macam template desain kartu nama yang bisa disesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan. Jadi tunggu apalagi? Cetak kartu nama Anda sekarang juga di kartunama.net!

0 responses