Tips Melakukan Efisiensi Biaya Bisnis di Tengah Pandemi Virus Covid-19

Memiliki bisnis yang efisien menjadi salah satu goal dan tujuan perusahaan. Sebesar apapun skala bisnisnya, peningkatan efisiensi dan produktivitas menjadi sangat vital yang memengaruhi perkembangan bisnis itu sendiri. Di mana, perusahaan dengan efisiensi tinggi akan mencerminkan kemampuan bisnis dalam menyelesaikan setiap pekerjaan sesuai target yang telah ditetapkan, bahkan melakukannya dengan lebih singkat dari waktu ke waktu. Di tengah pandemi wabah virus corona seperti saat ini, efisiensi biaya bisnis menjadi hal paling penting yang harus diperhatikan. Perusahaan harus memiliki strategi yang tepat agar bisnis bisa bertahan dan tetap bisa menjalankan kegiatan bisnis seperti biasanya.

Perbaiki Manajemen Waktu

Di tengah pandemi seperti saat ini, pemerintah menghimbau untuk seluruh masyarakat Indonesia untuk stay at home atau #dirumahaja. Namun, tidak semua bisnis bisa berhenti begitu saja, terutama bisnis yang menyediakan bahan pokok seperti bisnis makanan, bahan makanan, susu, buah-buahan, dan sebagainya. Agar tetap produktif dan tetap melakukan efisiensi biaya bisnis, Anda sebagai pemilik perusahaan harus memperbaiki manajemen waktu Anda maupun karyawan. Faktanya, bisnis yang tidak efisien seringkali disebabkan karena boros waktu, sehingga memaksa Anda maupun karyawan untuk lembur. Hal ini tentu membuat Anda harus mengeluarkan dana berlebih untuk membayar karyawan. 

Jadi, cobalah perbaiki manajemen waktu Anda maupun karyawan dengan mengurangi waktu aktivitas yang tidak produktif, seperti sibuk dengan media sosial. Fokuslah dengan apa yang ada di depan Anda saat ini dan cobalah lakukan evaluasi jam kerja Anda maupun karyawan. Jika dirasa mampu dan sanggup, Anda juga bisa mengurangi jam kerja karyawan Anda selama pandemi ini terjadi. Misalnya, yang sebelumnya Anda memiliki 3 shift kerja dari jam 7 pagi hingga 11 malam. Kini, Anda bisa menggunakan 2 shift kerja dari jam 7 pagi hingga 8 malam. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan bisa lebih produktif dan cepat karena dilakukan bersama-sama.

Manfaatkan Teknologi yang Ada

Tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan teknologi di era digital seperti saat ini, terutama di tengah pandemi covid 19 ini. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda bisa menghemat pengeluaran perusahaan lebih banyak. Misalnya, jika dulu Anda harus mengeluarkan biaya perjalanan untuk meeting, kini Anda bisa meeting jarak jauh dengan teknologi virtual yang sudah banyak beredar.

Hanya bermodalkan laptop, aplikasi conference, dan internet, Anda bisa menghemat biaya transportasi dan akomodasi. Cara ini juga bisa kamu terapkan dengan calon klien yang ada di luar kota. Sehingga, walau tanpa bertatap muka, kegiatan bisnis tetap bisa berjalan dengan semestinya, serta hemat biaya dan juga waktu.

Hemat Biaya Sewa Kantor

Biasanya berapa uang yang harus dikeluarkan untuk biaya sewa kantor? Biasanya di atas Rp10 juta per bulan, ini pun angka paling murah. Biasanya, beban biaya paling berat yang sering dieluh-eluhkan pengusaha adalah biaya sewa kantor yang mahal. Belum lagi jika Anda menyewa kantor di perkotaan dengan akses transportasi yang mudah.

Untuk mengurangi biaya ini, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, terutama jika bisnis Anda saat ini belum terlalu besar. Misalnya, ketika bisnis Anda merupakan bisnis baru dengan karyawan kurang dari 5 orang, Anda bisa memanfaakan virtual office dan melakukan kegiatan usaha di rumah masing-masing atau di rumah salah satu partner bisnis. Kemudian, ketika bisnis Anda telah mulai berkembang 10-20 orang, untuk menyewa kantor 1 lantai pasti berat, karena itulah Anda bisa memanfaatkan coworking space yang membantu Anda memiliki satu atau dua ruangan sesuai dengan kebutuhan. Jika dirasa bisnis Anda sudah berkembang besar, barulah Anda memikirkan untuk mulai menyewa 1 lantai atau rumah untuk bekerja bersama seluruh tim.

Hemat Penggunaan Listrik

Banyak perusahaan yang merasa berat dengan tagihan listrik yang mereka terima tiap bulannya. Biasanya pemborosan listrik ini disebabkan penggunaan yang tidak perlu dan disebabkan oleh kelalaian atau ketidakpedulian karyawan, misalnya lampu, komputer, atau air conditioner yang dibiarkan menyala 24 jam. Untuk melakukan efisiensi biaya bisnis, Anda bisa memastikan seluruh karyawan peduli dengan kantor dan ruang kerjanya. Cobalah mulai dengan memberikan pemberitahuan rutin melalui email kantor atau tempel 1 himbauan di setiap ruangan atau alat elektronik.

Selain itu, Anda juga bisa melengkapi sensor gerak, sehingga lampu otomatis mati ketika tidak ada orang di dalam ruangan. Batasi penggunaan pendingin ruangan dan cobalah ganti dengan ventilasi udara agar sirkulasi udara lebih lancar.

Manfaatkan Paket Hemat untuk Pembuatan Kartu Nama

Apapun bisnisnya pasti membutuhkan kartu nama. Biasanya tidak semua karyawan diberikan kartu nama, ada beberapa divisi atau jabatan yang membutuhkan kartu nama, seperti sales, marketing, dan divisi lain yang sering melakukan pertemuan dengan pelanggan, klien, vendor, ataupun orang lain di luar perusahaan.

Biasanya, perusahaan akan membuatkan kartu nama bagi karyawan yang telah lolos probation atau karyawan tetap. Padahal, meski masih di masa probation, karyawan tetap memiliki tanggung jawab penuh sama seperti karyawan lainnya. Lalu kenapa perusahaan tidak memberikan kartu nama ke karyawan tersebut? Ada banyak alasan, mulai dari efisensi bisnis, khawatir tidak lolos probation dan akhirnya membuat kartu nama, dan sebagainya.

Baca Juga: Kartunama.net Hadir di Tokopedia untuk Kemudahan Pelanggannya!

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi dan tetap bisa membuat kartu nama meski untuk karyawan Anda yang belum lolos probation ataupun karyawan lainnya yang jarang bertemu orang lain. Dengan kartu nama versi hemat dari kartunama.net, Anda bisa membuat kartu nama untuk seluruh karyawan mulai dari Rp17 ribuan. Di mana, kualitas kartu nama yang diberikan juga sama dengan kartu nama biasanya. Selain itu, kertas dan mesin cetak yang digunakan juga sama, sehingga Anda tidak perlu ragu lagi mengenai kualitas dari kartu nama tersebut. Jadi tunggu apalagi? Order kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net!