5 Bisnis Rumahan yang Bantu Anda Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Di tengah pandemi seperti saat ini banyak orang yang ingin tetap bertahan. Tidak hanya perusahaan atau bisnis yang berharap bisa bertahan, karyawan yang terkena PHK atau dirumahkan pun harus memutar otaknya untuk bisa bertahan di tengah pandemi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bertahan di tengah pandemi, salah satunya dengan mencoba peruntungan untuk memulai bisnis rumahan dengan modal yang kecil. Lalu bisnis apa saja yang bisa dicoba untuk tetap bertahan di tengah pandemi?

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Frozen Food

Di masa pandemi dan himbauan untuk di rumah saja, banyak ibu-ibu, baik ibu rumah tangga, pebisnis, maupun ibu bekerja yang tidak sempat memasak karena banyaknya kesibukan yang harus mereka selesaikan. Selain harus menyelesaikan banyak pekerjaan di rumah maupun di kantor, para ibu ini juga dituntut untuk mendampingi anak-anak belajar di rumah. Hal inilah yang menjadi peluang bagi Anda yang ingin memulai bisnis frozen food.

Baca Juga: Food Preparation Card Gratis untuk Berjuang Bersama di Tengah Pandemi Covid-19

Dengan membeli frozen food, para ibu ini tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memasak, sehingga bisa menghemat waktu mereka. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis ini, Anda bisa mencoba membuka bisnis frozen food yang ramah anak misalnya dengan menambahkan bahan sayur-sayuran. Sehingga para ibu tidak khawatir karena gizi anak dan keluarganya tetap terpenuhi.

Snack dan Makanan Ringan

Selama pandemi ini banyak orang yang diharuskan untuk tetap bekerja dari rumah. Hal ini tentu membuat beberapa orang bosan dan sering mencari cemilan untuk menemani kerja di rumah. Bisnis snack atau makanan ringan ini bisa jadi salah satu peluang bisnis bagi Anda yang ingin memulai bisnis di tengah pandemi. Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa Anda jual mulai dari makaroni pedas, kerupuk, jamur kering, keripik kering, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang hobi memasak dan membuat kue, Anda juga bisa membuka usaha kue kering ataupun cake kekinian seperti brownies, kue pandan, dan sebagainya. Meski momentum, bisnis ini bisa memberikan pendapatan yang cukup besar bagi Anda. Apalagi sebentar lagi hari Natal dan Tahun Baru, pasti akan ada banyak pesanan yang datang jika Anda memiliki bisnis ini. Jadi, cobalah untuk persiapkan mulai hari ini ya!

Lauk Matang

Sama dengan frozen food, bisnis ini juga banyak dicari keluarga di rumah selama masa pandemi. Tidak adanya waktu untuk memasak membuat para ibu memutuskan untuk membeli lauk matang. Bagi Anda yang bisa memasak, cobalah mulai jual lauk matang di sekitar rumah atau cobalah jajakan di beberapa komplek atau perumahan. Jika Anda bisa memberikan masakan yang enak dan dengan kualitas baik, tidak akan sulit mencari pelanggan loyal di tengah pandemi seperti sekarang.

Selain itu, ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis ini, pastikan Anda mengganti menu setiap harinya. Sehingga pelanggan Anda tidak bosan dan bisa membeli lauk matang Anda setiap hari. Cobalah tawarkan juga lauk pauk yang Anda buat melalui online dengan membuka pre order. Sehingga, Anda tidak rugi ketika makanan yang Anda buat tidak laku pada hari itu.

Baca Juga: 6 Peluang Bisnis Baru di Era New Normal & Pandemi Covid-19

Aneka Sambal

Kebanyakan orang Indonesia menyukai makanan pedas dan tidak bisa makan tanpa sambal. Bukan hanya itu, Indonesia juga kaya akan aneka sambalnya, mulai dari sambal terasi, sambal matah, sambal teri, sambal cumi, sambal bawang, sambal bajak, sambal tempe, sambal terong, sambal matah, dan masih banyak lagi. Inilah yang bisa jadi peluang bisnis bagi Anda yang suka eksplorasi berbagai macam jenis sambal.

Saat ini banyak juga pengusaha yang sudah mulai menjalankan bisnis ini dengan menjual aneka sambal kalengan atau per toples. Keuntungannya jelas sangat menggiurkan. Bayangkan saja, satu toples kecil sambal bisa dijual kisaran Rp30 ribu hingga Rp50 ribu. Sedangkan modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar. Ini sangat cocok bagi Anda yang hobi memasak dan suka menyantap sambal, sehingga Anda akan lebih mengetahui apa yang kurang dari sambal yang Anda buat.

Minuman Literan

Di saat semua orang di rumah dan melakukan work from home, konsumsi produk kuliner rumahan dengan ukuran keluarga pun semakin banyak diminati. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis rumahan seperti kopi, bubble tea, atau jus dengan ukuran keluarga.

Bagi Anda yang ingin mengambil peluang bisnis dan mendapatkan pendapatan yang tinggi, Anda bisa coba memulai bisnis ini dengan memasarkan bisnis secara online. Cobalah mulai dengan memberikan sampel ke keluarga ataupun teman dan mintalah mereka untuk memberikan review melalui instagram. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan promosi secara gratis untuk menarik calon pelanggan baru.

Itulah beberapa peluang bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan di tengah pandemi seperti saat ini. Dengan bisnis rumahan inilah Anda bisa tetap berjuang dan bertahan di masa pandemi. Untuk membantu Anda mempromosikan bisnis rumahan ini, Anda bisa coba dengan mencetak kartu nama dan memberikan setiap ada pelanggan baru yang membeli produk Anda. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan social media atau marketplace untuk menjual produk.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat dan mencetak kartu nama bisnis, Anda bisa memanfaatkan kartunama.net. Dengan kartunama.net, Anda tidak perlu keluar rumah untuk mencetaknya, karena Anda bisa memilih desain dan mencetak dari rumah, kapan dan di mana saja. Selain itu, kartu nama yang Anda pesan akan siap hanya dalam waktu 2 jam dan siap dikirim ke lokasi Anda. Jadi tunggu apalagi? Cetak kartu nama Anda sekarang juga di kartunama.net!