7 Cara Memasarkan Bisnis Tanpa Biaya di Era Digital

7 Cara Memasarkan Bisnis Tanpa Biaya di Era Digital

Saat ini banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan bisnis. Berbeda dengan zaman dahulu yang harus membuat Anda memasarkan produk atau bisnis secara door to door ataupun lewat media konvensional yang harganya selangit seperti Televisi atau Radio. Selain menyita banyak waktu, ini juga membuat kegiatan pemasaran menjadi tidak efektif.

Baca Juga: 4 Media Promosi yang Tepat untuk Bisnis Laundry Kiloan

Media Internet menjadi salah satu media yang kini sering digunakan pemilik bisnis dalam memasarkan bisnisnya dan menjangkau audiens atau pelanggan lebih luas. Banyak juga pebisnis yang hingga kini telah berhasil menghasilkan ribuan penjualan dengan anggaran yang minim melalui internet. Namun, dibalik kisah sukses tersebut tentunya ada ide-ide kreatif di dalamnya. Tapi tahukah Anda apa yang membuat mereka sukses dalam memasarkan bisnis secara digital seperti itu?

Memaksimalkan Penggunaan ‘Hashtag’

Saat ini banyak pengusaha yang sukses menghasilkan penjualan melalui media sosial daripada saluran online lainnya. Instagram dan Facebook adalah dua platform yang digunakan pelanggan untuk menemukan merek dan produk baru untuk dapat diikuti.

Biasanya, mereka menemukan cara untuk menyebarkan bisnisnya lewat penggunaan hashtag. Dengan begitu, bisnisnya memiliki kesempatan besar untuk ditemukan oleh para calon pelanggan yang mencarinya. Pastikan Anda melakukan analisis hashtag yang sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. Misalnya, ketika Anda memiliki bisnis kue atau roti, maka gunakan hashtag seperti #tokorotijakara, #rotienak, #tokokuemurah, dan sebagainya. Pilihlah hashtag yang sering dicari orang ataupun target market Anda.

Mulailah Membuat Blog Bisnis

Membuat blog bisnis hampir sama dengan blog biasa. Bedanya, Anda akan menjelaskan mengenai bisnis dan rincian produk atau layanan perusahaan Anda dengan pembaca. Blog bisnis juga bisa menjadi platform yang ideal untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan memberikan diskon, gratis dan penawaran khusus sebagai insentif dan penghargaan.

Baca Juga: 6 Manfaat Website Bagi Perusahaan di Era Digital

Namun, pastikan Anda membuat blog yang sesuai dengan bisnis dan menggunakan keyword-keyword yang juga sering dicari orang. Anda bisa mengetahuinya dengan mudah lewat situs Google Keyword, Ubersuggest, atau situs lainnya yang membantu Anda mengetahui keyword apa saja yang tepat dan bisa membantu Anda mempromosikan bisnis lewat blog atau website perusahaan.

Gunakan Iklan Social Media untuk Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

Ketika bisnis Anda baru dan belum dikenal banyak orang, memasang iklan melalui social media bisa menjadi cara efektif untuk menjangkau pelanggan baru secara lebih luas. Anda bisa melakukan iklan di berbagai social media mulai dari Facebook atau Instagram sesuai dengan kebutuhan bisnis. Anda juga bisa mengatur iklan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Cobalah mulai dengan budget anggaran harian sebesar Rp50ribu  dan targetkan audiens secara spesifik sesuai target market Anda dan agar biaya iklan menjadi tetap rendah.

Bangun Database Email Calon Pelanggan

Pemasaran email atau email marketing tetap menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan pelanggan tetap. Gunakan blog bisnis Anda untuk membangun mailing list dengan mendorong pembaca blog untuk meninggalkan email atau dengan melakukan subscribe.

Baca Juga: Strategi Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Dengan menjaga kehadiran calon pelanggan akan mempersiapkan mereka menjadi pelanggan setia di masa depan. Idealnya, Anda akan mulai mengumpulkan email sebelum meluncurkan produk atau layanan. Hal ini memungkinkan Anda untuk mulai membangun hubungan dengan calon pelanggan potensial tingkat dan mengubah mereka menjadi pelanggan sesegera mungkin.

Jadi, pastikan untuk mendapatkan database email yang banyak, buatlak blog Anda semenarik mungkin dan membuat calon pelanggan tertarik untuk membaca dan menunggu update dari blog Anda secara terus menerus. Sehingga, mereka akan dengan sukarela meninggalkan email yang bisa Anda hubungi di kemudian hari.

Tambahkan Ulasan Produk

Ketika kamu memasarkan bisnis, cobalah untuk memberikan awareness kepada calon pelanggan mengenai produk yang Anda jual. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari membuat video content mengenai produk, meminta pelanggan memberikan review mengenai produk, meminta influencer untuk membuat video review melalui channel YouTube atau Instagramnya, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa membuat Live Streaming melalui Instagram Live sehingga penonton IG Live Anda bisa dengan mudah menanyakan berbagai macam hal tentang produk maupun meninggalkan komentar secara realtime. Sehingga, Anda pun bisa langsung menjawabnya dengan mudah saat itu juga. 

Munculkan Kolom Komentar Pada Website atau akun e-commerce

Dengan memunculkan kolom komentar, Anda bisa menerima feedback dari pelanggan. Pastikan setiap komentar dan ulasan yang mereka berikan bisa menarik minat calon konsumen potensial. Dengan begitu, kredibilitas bisnis Anda pun bisa terus meningkat dan bisa membuat calon pelanggan memberi produk Anda.

Jangan lupa juga untuk menjawab seluruh komentar, baik positif maupun negatif. Jika Anda mendapatkan komentar negatif, cobalah untuk menyelesaikannya langsung dengan pelanggan untuk buktikan bahwa Anda bertanggung jawab atas keluhan yang mereka sampaikan. Dengan begitu, pelanggan akan lebih percaya pada bisnis Anda, dan tidak akan ragu untuk melakukan pembelian kembali.

Buatlah Sebuah Kontes

Saat ini banyak perusahaan atau bisnis yang membuat kontes social media secara reguler. Dengan kontes inilah mereka bisa memperkenalkan produk secara luas hingga meningkatkan penjualan bisnis dengan cepat dan membangun keterlibatan dengan audiens.

Cobalah buat sebuah kontes yang memungkinkan setiap pemenang yang memenuhi syarat mendapatkan produk gratis sebagai hadiah. Dengan begitu, produk atau bisnis Anda akan lebih mudah dikenal di social media karena adanya interaksi aktif didalamnya.

Itulah beberapa cara memasarkan bisnis di zaman digital seperti saat ini. Namun, meski semuanya sudah serba canggih dan bisa dilakukan secara online. Sebagai pebisnis tentu Anda tidak boleh melupakan peran penting dari sebuah kartu nama. Di mana, dengan kartu nama inilah, Anda bisa memperkenalkan bisnis lebih luas lagi kepada calon pelanggan potensial, investor, maupun rekan bisnis lainnya yang tentunya bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis.

Dengan kartu nama bisnis jugalah Anda bisa meningkatkan kredibilitas bisnis kepada pihak lainnya, sehingga mereka akan dengan mudah membantu Anda menjalankan bisnis. Untuk membuat kartu nama pun tidak boleh asal, Anda harus memerhatikan kembali desain maupun informasi yang didalamnya. Sehingga, kartu nama bukan hanya bisa Anda gunakan sebagai tools bertukar kontak, tapi juga bisa menjadi salah satu tool dalam pemasaran maupun promosi.

Untuk membuat kartu nama yang profesional, kini Anda bisa membuatnya dengan mudah dari mana dan kapan saja lewat kartunama.net. Di sini, Anda bisa membuat kartu nama dengan kualitas terbaik dan juga dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp17 ribuan. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama Anda sekarang juga di kartunama.net!

0 responses