Entrepreneur Adalah Pengusaha? Ternyata Keduanya Berbeda!

Apakah Anda seorang pengusaha atau seorang entrepreneur? Mungkin selama ini Anda menganggap kedua hal ini sama saja, padahal kedua istilah ini memiliki perbedaan yang cukup besar. Namun, keduanya juga memiliki kesamaan yaitu sama-sama menjalankan bisnis dan sama-sama memiliki karyawan. Lalu apa perbedaan keduanya?

Pengertian Entrepreneur Vs Pengusaha

Dwi Larso, Ph.d, pengajar di School of Business Management, Institut Teknologi Bandung mengatakan bahwa pengusaha adalah orang yang memiliki bisnis skala besar maupun kecil dan tidak semua pengusaha memiliki jiwa entrepreneur. Sedangkan, entrepreneur pasti memiliki jiwa pengusaha, di mana mereka memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya dan langsung terjun ke dalam bisnis. Ketika Anda memiliki jiwa entrepreneur, dapat dipastikan bisnis yang Anda jalankan akan terus bertahan.

Tujuan Entrepreneur Vs Pengusaha

Keduanya memiliki tujuan yang hampir sama, di mana seorang pengusaha menjalankan bisnis untuk mendapatkan keuntungan, keuangan yang lebih stabil, dan menjadi sukses. Sedangkan entrepreneur juga memiliki tujuan tersebut. Meski begitu, mereka dengan jiwa entrepreneur akan lebih peduli pada perubahan di sekitar dan mengejar passion untuk mencapai tujuan akhir yang memberikan kesenangan dan kepuasan. Mereka lebih memilih untuk fokus mengembangkan produk/jasa yang akan mereka tawarkan dibanding memikirkan berapa keuntungan yang mereka hasilkan.

Waktu Entrepreneur Vs Pengusaha

Seorang pengusaha biasanya akan lebih perhitungan terhadap waktu yang mereka habiskan untuk mengurus bisnis. Mereka tidak suka membuang waktu dan selalu mengecek jam untuk memastikan tidak ada pekerjaan yang tertunda dan harus diselesaikan di luar jam kantor. Sedangkan, seorang entrepreneur bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaannya dan membuat produknya lebih sempurna. Karena mereka beranggapan produk yang mereka jual dan pasarkan adalah karya besar yang harus ia kembangkan untuk memuaskan pelanggannya.

Sikap Entrepreneur Vs Pengusaha

Jika Anda masih belum mengetahui, apakah Anda pengusaha atau entrepreneur, cobalah perhatikan kegiatan yang Anda lakukan setiap harinya. Biasanya, pengusaha akan nyaman dengan apa yang telah dan rutin mereka lakukan tanpa berharap adanya perubahan dan hanya mementingkan bisnisnya berjalan lancar tanpa hambatan. Sebaliknya, seorang entrepreneur akan terus menyesuaikan dan mengikuti perkembangan, serta mengubah pola pikir untuk membuat perusahaan menjadi terus berkembang tanpa ada batasan.

Risiko Entrepreneur Vs Pengusaha

Biasanya risiko menjadi salah satu hal yang sering dihindari oleh setiap orang yang menjalankan bisnis. Namun, ternyata pengusaha dan entrepreneur memiliki pandangan yang berbeda dalam melihat risiko bisnis. Di mana, pengusaha akan selalu melakukan perhitungan dalam menjalankan bisnis, karena mereka akan mengambil risiko yang telah dihitung dan dikelola. Meski begitu, sebisa mungkin mereka menghindari kerugian sedikitpun.

Sedangkan, seorang entrepreneur bisa mengambil risiko yang tidak masuk akal demi mengejar passion. Mereka tidak peduli terhadap waktu dan uang yang mereka habiskan dan terus melakukan apapun yang mereka inginkan dengan senang dan penuh semangat, sehingga banyak entrepreneur yang mengambil risiko besar justru mendapatkan hasil yang luar biasa.

Ide Entrepreneur Vs Pengusaha

Apakah Anda termasuk orang yang senang memilih ide yang sedang tren dan berharap memiliki banyak keuntungan besar? Jika iya, berarti Anda masuk ke dalam kategori pengusaha. Kenapa? Karena seorang entrepreneur adalah pencipta ide produk atau bisnis pertama kalinya. Mereka rela menghabiskan waktu, energi, dan uang untuk membuat ide bisnisnya sendiri. Biasanya, mereka juga memiliki ide orisinil dan berbeda dari yang pernah ada, bahkan terkadang idenya unik dan di luar dugaan.

Definisi Sukses Entrepreneur Vs Pengusaha

Definisi sukses seorang pengusaha dan entrepreneur juga berbeda. Di mana, seorang pengusaha menilai sukses adalah keberhasilan bisnis dan pelaksana kepentingan bisnis yang meliputi dirinya sendiri, partner bisnis, karyawan, pelanggan, investor, dan juga komunitas. Sedangkan entrepreneur melakukan pekerjaannya dan membiarkan perjalanan bisnisnya yang akan mendefinisikan kesuksesan yang ia capai. 

Nah, sudah tahu kan apa saja perbedaan keduanya? Jadi, apakah Anda masuk ke dalam kategori pengusaha atau entrepreneur? Atau justru Anda masuk ke dalam keduanya? Nah, apapun Anda dan apapun bisnis yang dijalankan, pastikan Anda memiliki kartu nama bisnis. Di mana, kartu nama bisnis bisa menjadi salah satu tools bisnis yang membantu Anda menjalankan bisnis, mulai dari promosi bisnis, mencari networking, hingga meningkatkan kredibilitas bisnis di mata pelanggan maupun rekan bisnis lainnya.

Bagi Anda yang ingin membuat dan mencetak kartu nama bisnis, kini Anda bisa memanfaatkan kartunama.net. Dengan kartunama.net, Anda bisa mencetak kartu nama dari mana dan kapan saja. Anda juga bisa mendapatkan kartu nama dengan kualitas terbaik mulai dari Rp17 ribuan. Buat segera kartu nama bisnis Anda dan bersiap untuk sukses menjalankan bisnis!