Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan di Tengah Pandemi

Memiliki pelanggan yang loyal merupakan hal yang harus dimiliki perusahaan untuk bertahan di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga sekarang. pelanggan yang Anda miliki saat ini adalah sumber pendapatan terpenting. Namun, untuk mendapatkan dan mempertahankan loyalitas pelanggan tentu bukan hal yang mudah, terlebih adanya peraturan pembatasan sosial sebagai upaya pencegahan virus yang menyebabkan Anda tidak dapat bertatap langsung oleh para pelanggan.

Selain itu, adanya pandemi COVID-19 ini secara tidak langsung mengubah perilaku pelanggan secara tiba-tiba. Seperti misalnya, pelanggan yang awalnya membeli sepatu setiap bulan, sekarang lebih mengutamakan membeli kebutuhan pokok. Meskipun terlihat sulit, namun pebisnis tetap harus menetapkan strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan di saat pandemi ini. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Terapkan Personalized Marketing

Saat pandemi ini, pelanggan Anda tentu akan menghabiskan waktunya lebih banyak di rumah, bahkan belanja kebutuhan dan keinginannya akan dilakukan secara online. Biasanya pelanggan saat berbelanja online cenderung ingin langsung menemukan apa yang mereka ingin beli. Oleh sebab itu, pendekatan personal saat ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat keputusan pembelian pelanggan.

Namun, di era digital kini banyak perusahaan yang telah menggunakan customer data platform yang menyajikan data pelanggan selama berbelanja atau hanya sekedar melihat-lihat di internet. Namun, jika Anda sudah memiliki web sendiri, Anda dapat menarik data pelanggan yang mengecek produk di situs web Anda atau melalui iklan yang Anda unggah di media sosial. Setelah itu, Anda dapat menampilkan kembali produk-produk yang pernah mereka lihat di berbagai halaman web atau melalui email marketing.

Contohnya, pelanggan Anda pernah mengakses situs bisnis Anda dengan memasukkan email mereka. Maka, dengan data tersebut Anda dapat mengirimkan email marketing ataupun memunculkan produk di berbagai halaman web mengenai produk-produk yang pernah dilihat oleh pelanggan Anda.

Gunakan Standar Kesehatan Saat Produksi

Di situasi pandemi seperti ini, orang-orang akan lebih memastikan semua yang mereka miliki steril. Sebagai pelaku bisnis, untuk menjaga loyalitas pelanggan, Anda perlu meyakini mereka bahwa setiap proses produksi mulai dari suplai barang sampai pengiriman kepada pelanggan dilakukan menggunakan prosedur kesehatan yang sesuai standar. Bukan sampai situ saja, namun Anda juga perlu membuktikan dalam kampanye brand yang mencerminkan bahwa bisnis Anda mengikuti anjuran pemerintah. Seperti contohnya, Anda berbisnis makanan dan minuman di mana dalam aturan pemerintah dalam PSBB yaitu dilarang membuka gerai dan hanya memperbolehkan pemesanan secara take away.

Baca Juga: Food Preparation Card Gratis untuk Berjuang Bersama di Tengah Pandemi Covid-19

Tunjukan dan Buktikan Kepedulian

Ketika pandemi seperti sekarang ini, menunjukkan kepedulian adalah langkah terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Karena, pelanggan cenderung ingin melihat kepedulian dan kontribusi perusahaan terhadap kepentingan publik. Dengan begitu, pelanggan akan tersentuh dan akhirnya mengingat brand Anda telah melakukan aksi kepedulian. Seperti misalnya, Anda dapat membuat produk baru yang dapat mengatasi masalah terkait COVID-19 seperti masker medis, produk sanitasi, perlengkapan Alat Perlindungan Diri yang diproduksi dan diberikan secara gratis kepada instansi kesehatan.

Jika bisnis Anda tidak memiliki kapasitas untuk melakukan hal tersebut, cukuplah Anda melakukan amal dan bekerja sama dengan pemerintah dalam upaya kontribusi perusahaan terhadap penanganan pandemi yang sedang berlangsung kini. Bahkan, aksi kepedulian dapat dilakukan dengan sederhana melalui media sosial, kemasan produk, atau lainnya yang dapat meninggalkan bekas ingatan baik kepada pelanggan bahwa brand Anda peduli terhadap masyarakat meskipun krisis pandemi yang sedang berlangsung saat ini.

Adaptasi dengan Perubahan

Adanya pandemi ini membuat perilaku pelanggan yang berubah secara tiba-tiba, terlebih setelah diberlakukannya pembatasan sosial. Saat krisis seperti ini, pelanggan cenderung menginginkan harga produk yang lebih murah. Bahkan, kini pelanggan lebih memprioritaskan untuk membeli kebutuhan pokok dan produk kesehatan. Maka, agar pelanggan Anda tetap membeli produk Anda yang bukan kebutuhan pokok dan kesehatan, Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian. Langkah bijak yang bisa dilakukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan yaitu dengan memberikan diskon. Anda juga dapat melakukan penyesuaian pada produk Anda, misalnya memproduksi barang yang paling dibutuhkan pelanggan, seperti kebutuhan pokok, produk sanitasi, obat-obatan, masker, dan lainnya.

Jaga Loyalitas Pelanggan dengan Pelanggan

Walaupun kondisi sedang krisis, menjaga komunikasi dengan pelanggan dapat membantu menjaga loyalitas pelanggan dan meningkatkan brand perception. Untuk mempermudah berkomunikasi, Anda dapat memanfaatkan software pendukung komunikasi seperti software customer relationship management dengan mengirimkan mereka pesan yang mengingatkan mereka agar kembali membeli produk atau layanan Anda. Selama pandemi ini, biarkan pelanggan Anda menghubungi melalui WhatsApp atau live chat di situs web Anda. Juga, Anda dapat mengirimkan survei berkala dan meminta pelanggan untuk memberikan umpan balik terkait produk maupun pelayanan Anda.

Buat Konten yang Relevan & Edukatif

Setelah Anda tetap aktif di media sosial, Anda tetap harus memikirkan konten yang dapat menarik pelanggan Anda. Biasanya pelanggan akan lebih tertarik apabila mereka mendapatkan sesuatu atau informasi yang bermanfaat. Maka dari itu, konten yang diunggah jangan hanya fokus pada penjualan saja, namun juga pada solusi yang bisa Anda berikan. Anda dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mengunggah konten yang relevan dan edukatif. Selain itu, Anda juga bisa mengadakan webinar, karena kini banyak orang yang mengisi waktu luang mereka dengan hal lebih produktif, seperti belajar hal-hal baru.

Tingkatkan Brand Presence

Selama pandemi ini berlangsung, artinya Anda tidak dapat melayani pelanggan secara langsung. Namun, Anda tetap perlu memberi tahu kepada pelanggan Anda bahwa bisnis Anda tetap aktif. Maka, media sosial adalah sarana yang dapat Anda gunakan untuk memberitahu pelanggan bahwa bisnis Anda tetap aktif meskipun pandemi. Dengan mengunggah konten di media sosial tentu akan mengingatkan pelanggan pada produk atau jasa Anda. Oleh karena itu, pastikan media sosial Anda terus aktif selama pandemi COVID-19 ini.

Selain dengan media sosial, Anda juga dapat memberikan kartu nama bisnis Anda setiap Anda mengirimkan produk ke pelanggan. Dengan cara tersebut pelanggan Anda tetap mengetahui bahwa bisnis Anda tetap aktif dan eksis meskipun di tengah pandemi.

Baca Juga: Pentingnya Kartu Nama untuk Bisnis Online di Tengah Pandemi Covid 19

Itulah beberapa hal yang dapat menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan meskipun di tengah pandemi saat ini. Salah satunya yaitu dengan memberikan kartu nama, adanya kartu nama bisnis, tentu akan memberitahu secara tidak langsung bahwa bisnis Anda masih aktif dan eksis. Jika Anda belum memiliki kartu nama sendiri atau kehabisan, buatlah kartu nama Anda segera.

Kini, membuat kartu nama dapat dilakukan secara online melalui website, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika Anda kehabisan kartu nama. Dengan kartunama.net, Anda dapat memilih desain kartu nama yang sesuai keinginan Anda, atau Anda bisa membawa desain kartu nama Anda sendiri. Yuk memaksimalkan bisnis meskipun di tengah pandemi dengan membuat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net.