5 Tips Menjadi Sales Asuransi untuk Hasilkan Cuan Maksimal

5 Tips Menjadi Sales Asuransi untuk Hasilkan Cuan Maksimal

Di era pandemi seperti saat ini, asuransi menjadi salah satu produk yang banyak dicari sebagian orang. Hal inilah yang membuat tenaga pemasar atau agen asuransi tidak diragukan lagi menjadi salah satu profesi yang menjanjikan di Indonesia. Apalagi, penghasilan agen asuransi atau sales asuransi ini cukup menjanjikan dan terbilang mulia sebab mereka juga membantu masyarakat dalam mempersiapkan masa depan.

Meski menjanjikan dan menjadi pekerjaan mulia, banyak juga agen asuransi yang sulit menawarkan jasanya ke calon nasabah. Di mana, banyak masyarakat Indonesia belum teredukasi dengan baik akan pentingnya asuransi untuk mempersiapkan masa depan. Nah, bagi Anda yang tertarik menjadi seorang agen asuransi atau sales asuransi, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan nasabah dan menghasilkan cuan.

Jangan Terpaku pada Keuntungan Saja

Sebelum Anda menawarkan asuransi, cobalah tanamkan dulu prinsip bahwa Anda menawarkan asuransi tidak semata-mata mencari klien untuk keuntungan sendiri, namun untuk nama baik Anda.

Ketika Anda hanya fokus pada pencarian keuntungan, topik pembicaraan Anda tidak jauh dari bisnis tersebut tanpa menyentuh calon klien secara personal. Padahal, di saat mereka tersentuh secara personal dan merasakan nyaman, mereka secara tidak sadar akan mengikuti arahan Anda dan bergabung dengan asuransi perusahaan.

Mencoba Bersikap Friendly

Agen asuransi atau sales asuransi merupakan profesi yang pekerjaannya menawarkan asuransi dengan harapan mereka mau berpartisipasi dalam program tersebut. Untuk mengajak mereka berpartisipasi dan bergabung dengan program Anda, maka pastikan Anda mengetahui kebutuhan mereka dan perhatikan kenyamanan mereka.

Ketika memprospek klien, Anda tidak hanya menyampaikan seluk beluk perusahaan dan juga programnya, namun Anda juga bisa berbasa-basi terhadap kebutuhan pribadinya, seperti apa yang mereka inginkan, apa yang mereka ragukan, dan juga berbagai hal lain sehingga Anda tidak hanya mendapatkan seorang klien, namun nama Anda juga akan terbawa baiknya.

Hindari Bicara Terlalu Berlebihan

Meski Anda harus berbasa-basi dalam menawarkan program asuransi, pastikan juga Anda menghindari untuk berbicara berlebihan. Ada baiknya, Anda selalu menakar kuantitasnya, jangan sampai Anda terlalu terlena dan berbicara berlebihan yang akhirnya membuat klien Anda tidak percaya karena sikap ‘terlalu menjual’ tersebut. Bicaralah apa adanya seperti apa yang ingin Anda dengar saat orang lain menawarkan sesuatu kepada Anda.

Berbicaralah Kepada Target yang Tepat

Menawarkan produk asuransi termasuk pekerjaan yang susah-susah gampang. Sebelum berbicara panjang lebar mengenai asuransi perusahaan dan alasan mengapa asuransi yang terbaik, pastikan terlebih dulu orang yang ingin Anda tawarkan adalah target bicara yang tepat misalnya yang belum memiliki asuransi atau sedang berniat untuk berpindah tempat asuransi.

Jika Anda berbicara kepada orang yang sudah memiliki asuransi dan sedang berjalan mulus, maka Anda sama saja membuang waktu dan tenaga. Pastikan juga untuk tidak memaksa mereka mendengarkan Anda, lebih baik alokasikan waktu dan tenaga untuk orang selanjutnya yang memang sesuai dengan target.

Fokus pada Perusahaan

Salah satu cara mempromosikan suatu produk adalah dengan membandingkan kompetitor seperti kenapa Anda lebih baik, apa yang ditawarkan dan tidak didapatkan di produk pesaing, dan sebagainya. Namun, hal ini harus Anda hindari ketika Anda menawarkan program asuransi. Selain tidak etis dan terkesan terlalu jualan demi meraih keuntungan pribadi, Anda juga bisa menemukan klien yang kritis dan bisa memutar balikan keadaan dengan mencari tahu apa yang kompetitor berikan dan tidak produk Anda miliki. Hal ini tentu menjadi boomerang bagi Anda dan juga perusahaan asuransi tersebut.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebagai sales asuransi untuk mendapatkan cuan dari hasil jualan produk asuransi. Selain bekal di atas, jangan lupa juga untuk bekali diri Anda dengan kartu nama. Dengan berbekal kartu nama, calon klien Anda bisa dengan mudah menghubungi Anda ketika mereka tertarik dengan program yang Anda  tawarkan.

Apalagi biasanya calon klien membutuhkan waktu sebelum memutuskan untuk bergabung ke dalam program asuransi. Jadi, pastikan Anda memberikan mereka kartu nama dengan informasi yang jelas dan sesuai agar mereka bisa menghubungi Anda segera setelah memutuskan untuk bergabung.

Untuk membuat kartu nama pun kini tidak sulit, Anda bisa membuatnya secara pribadi maupun perusahaan melalui kartunama.net. Di sini, Anda bisa membuat kartu nama dengan kualitas terbaik dan dengan harga terjangkau. Bagi Anda yang ingin promo cashback dan free ongkir, Anda juga bisa memesannya langsung lewat Official Store Kartu Nama di Tokopedia. Yuk hasilkan cuan dengan berbekal kartu nama bisnis!

0 responses