6 Tips Menjalankan Bisnis Fotografi yang Mudah & Menghasilkan Untung Maksimal

Setiap orang pasti memiliki hobinya masing-masing, mulai dari memancing, traveling, fotografi, bisnis makan, dan masih banyak lagi. Ini menjadi salah satu peluang besar bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Di mana, hingga hari ini banyak pengusaha sukses yang menjalankan bisnisnya dimulai dari hobi yang mereka miliki. Salah satu hobi yang kini bisa dijalankan menjadi peluang bisnis adalah bisnis fotografi.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Jasa dengan Modal Minim & Keuntungan Maksimal

Selain mudah dan bisa dijalankan tanpa mengganggu aktivitas utama, bisnis ini juga bisa dilakukan tanpa modal, namun bisa mendapatkan banyak keuntungan maksimal. Lalu bagaimana cara menjalankan bisnis fotografi ini? Di bawah ini adalah beberapa tips sukses menjalani bisnis fotografi tanpa modal namun bisa mendapatkan keuntungan besar.

Peluang Bisnis Fotografi yang Bisa Dimanfaatkan

Ketika Anda memutuskan untuk membuka bisnis fotografi, ada banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan, mulai dari fotografer pernikahan, food photography, foto untuk majalan dan model, fotografer iklan komersial, photobooth, photo studio, dan masih banyak lagi. Untuk permulaan, cobalah fokus pada satu bisnis saja.

Misalnya, Anda tertarik untuk menjual jasa food photography, maka cobalah fokus belajar dan memperdalam ilmunya mulai dari pengambilan angle yang bagus untuk makanan tersebut hingga memperdalam ilmu food stylist. Sehingga tidak asal memotret, namun Anda juga bisa menghasilkan karya yang luar biasa dan menarik untuk setiap orang yang melihatnya. Hal ini tentu juga bisa menjadi nilai tambah bagi Anda sebagai fotografer ternama. Apalagi di era seperti sekarang, banyak bisnis kuliner yang membutuhkan jasa Anda untuk memasarkan dan mempromosikan bisnisnya.

Mulai Tanpa Modal atau Dengan Modal Minim

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi pastinya Anda mengetahui alat-alat yang dibutuhkan untuk menghasilkan karya yang indah. Namun, untuk memulai bisnis ini Anda tidak harus mengeluarkan banyak modal untuk membeli berbagai macam peralatan. Anda bisa coba menyewa peralatan tersebut hanya ketika dibutuhkan. Saat ini sudah banyak jasa persewaan fotografi yang lengkap dengan harga terjangkau. Pastikan alat yang akan Anda sewa memiliki kondisi bagus, sehingga hasil foto yang Anda ambil pun bisa lebih maksimal.

Ketika bisnis Anda sudah berjalan dengan baik dan banyak pelanggan yang datang, barulah Anda bisa memutuskan untuk mencicil untuk membeli perlengkapan yang Anda butuhkan. Pastikan juga Anda membeli peralatan yang memiliki kualitas bagus, bukan hanya mahal, tapi juga bisa memberikan hasil foto maksimal. Karena hasil foto yang bagus bukan dari peralatan yang mahal, melainkan dari teknik pengambilan foto yang Anda lakukan.

Buat & Kumpulkan Portofolio

Ketika Anda memulai bisnis jasa, maka portofolio menjadi salah satu modal penting yang harus dimiliki. Di mana, dengan portofolio, calon pelanggan atau klien Anda bisa melihat hasil karya yang telah Anda buat selama ini. Sehingga, mereka bisa lebih percaya dan tertarik untuk menggunakan jasa Anda. Jadi, sebelum mencari klien, pastikan Anda telah membuat dan mengumpulkan portofolio yang menarik. Hal ini lebih penting jika dibandingkan hanya sekedar promosi. Melalui portofolio, pelanggan bisa melihat tipe atau gaya foto yang pernah Anda lakukan.

Mulai dengan Menawarkan Jasa ke Orang Terdekat

Ketika Anda belum memiliki banyak portofolio, Anda bisa coba membuatnya dengan memanfaatkan teman ataupun orang terdekat. Misalnya, ketika Anda ingin mulai menjalankan bisnis wedding photographer, maka Anda bisa menawarkan jasa Anda ke teman terdekat yang ingin melaksanakan pre-wedding ataupun pernikahan. Sedangkan, ketika Anda ingin menjalankan bisnis food photography, maka Anda bisa menawarkan langsung ke teman Anda yang sedang menjalankan bisnis kuliner dan membutuhkan food stylist sekaligus food photography.

Setelah Anda melakukan hal tersebut, Anda bisa menjadikan hasil dari foto tersebut menjadi portofolio bagi bisnis jasa fotografi Anda. Cobalah pamerkan portofolio di dalam satu website ataupun social media, sehingga calon klien bisa melihat hasil karya Anda dengan mudah. Jangan lupa tinggalkan kontak yang bisa dihubungi, sehingga calon pelanggan bisa dengan mudah menghubungi Anda dengan mudah ketika mereka membutuhkan jasa fotografi.

Tentukan Harga Jasa Fotografi

Setelah memiliki portofolio yang mumpuni, Anda bisa mulai menentukan harga dari jasa fotografi yang akan Anda tawarkan ke pelanggan. Agar lebih kreatif, cobalah buat rate card  atau penawaran harga dengan desain yang menarik dan menggambarkan bahwa bisnis Anda profesional.

Nah, dalam membuatnya pun Anda tidak bisa sembarangan, cobalah perhatikan beberapa aspek yang harus diperhitungkan, mulai dari peralatan, tenaga, waktu, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa menentukan harga yang pas dari setiap jasa yang akan diberikan.

Kumpulkan Review & Testimoni Pelanggan

Ketika Anda menjalankan bisnis jasa, maka review dan testimoni pelanggan menjadi hal yang sangat penting bagi bisnis. Jadi, pastikan ketika Anda telah mendapatkan beberapa klien atau pelanggan, cobalah bertanya pendapat mereka, mulai dari kualitas, layanan, kecepatan, ketepatan, dan sebagainya. Selain bisa menjadi bahan acuan Anda dalam memperbaiki layanan dan jasa, ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan ketika calon pelanggan ingin memilih jasa Anda.

Biasanya, sebelum menggunakan jasa fotografi kebanyakan dari calon pelanggan akan mencoba mencari review dan membaca testimoni dari beberapa orang yang telah menggunakan jasa Anda. Inilah hal yang menjadi faktor penting yang akan menarik calon pelanggan untuk mempercayakan Anda sebagai seorang ataupun bisnis fotografi.

Itulah beberapa tips menjalankan bisnis fotografi yang bisa Anda tiru untuk menghasilkan banyak keuntungan tanpa perlu mengeluarkan banyak modal di awal. Karena ini adalah bisnis jasa dan tidak ada barang yang dijual, maka pastikan Anda memberikan hasil dan layanan terbaik. Dengan begitu, pelanggan akan kembali dan terus mempercayai bisnis Anda, juga akan langsung menghubungi bisnis Anda ketika membutuhkan.

Baca Juga: Pemilihan Bahan Terbaik dalam Membuat Kartu Nama

Untuk mempermudah pelanggan dalam menghubungi bisnis, pastikan Anda menyiapkan kartu nama bisnis dengan informasi yang lengkap, mulai dari nama, alamat, nomor handphone, email, website, bahkan kini Anda juga bisa menambahkan QR Code ketika Anda ingin memberikan informasi dengan detail di kartu nama namun terbatas dengan tempat.

Baca Juga: Kartunama.net Hadir di Tokopedia untuk Kemudahan Pelanggannya!

Untuk membuat kartu nama dengan mudah dan cepat, kini Anda bisa membuatnya melalui kartunama.net. Di mana, dengan kartunama.net Anda bisa membuat desain kartu nama sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kartu nama dengan cepat, hanya dalam waktu 2 jam, kartu nama Anda siap dicetak dan dikirim langsung ke alamat Anda, sehingga tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah atau kantor. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama bisnis fotografi Anda sekarang juga di kartunama.net dan kembangkan bisnis fotografi dengan lebih baik.