Bisnis di Masa PSBB yang Diperbolehkan Tetap Berjalan

Di Indonesia, pandemi virus corona telah berlangsung kurang lebih 7 bulan. Meski sudah lama berlangsung cukup lama, angka penyebaran virus corona terus bertambah, dan membuat Rumah Sakit Rujukan pemerintah penuh dan tidak mampu lagi menampung pasien virus corona. Latar belakang inilah yang membuat pemerintah, khususnya DKI Jakarta memutuskan untuk memberlakukan kembali PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) total di Ibu Kota Indonesia.

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Di tengah masa PSBB ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan hanya mengizinkan 11 sektor usaha yang bisa beroperasi. Meski diizinkan, kesebelas bidang usaha ini tetap berjalan dengan operasi minimal dan tidak boleh beroperasi seperti biasa dan harus dikurangi dalam hal waktu.

Apa Saja 11 Sektor Bisnis yang Tetap Boleh Beroperasi?

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB, di bawah ini adalah bisnis di masa PSBB yang diperbolehkan untuk tetap beroperasi adalah sektor bisnis di bidang:

  1. Kesehatan;
  2. Bahan pangan/makanan/minuman;
  3. Energi;
  4. Komunikasi dan teknologi informasi;
  5. Keuangan;
  6. Logistik;
  7. Perhotelan;
  8. Konstruksi;
  9. Industri strategis;
  10. Pelayanan dasar,
  11. Utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu dan kebutuhan sehari-hari.

PSBB kembali diberlakukan DKI Jakarta sebagai langkah rem darurat dalam penanggulangan pandemi virus corona. Selain hanya mengizinkan 11 sektor beroperasi dan tidak mengizinkan sektor non esensial bekerja dari kantor, Gubernur Jakarta, Anies Baswedan juga melarang tempat hiburan untuk dibuka, cafe dan restoran tidak diizinkan untuk makan di tempat serta pembatasan pada rumah ibadah. Pembatasan lainnya juga terjadi pada lalu lintas dan pergerakan transportasi umum.

Baca Juga: Tips Melakukan Efisiensi Biaya Bisnis di Tengah Pandemi Virus Covid-19

DKI Jakarta PSBB Jilid 2 di September 2020

Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta telah mengumumkan bahwa PSBB akan kembali dilakukan selama 2 minggu, mulai 14 September hingga 25 September. Pernyataan ini disampaikan pada Konferensi Pers di Balai Kota, Jakarta Pusat pada hari ini 13 September 2020.

Menurutnya, penerapan PSBB total kembali karena adanya peningkatan kasus positif Covid-19 selama 12 hari pertama di bulan September. Hal ini dilakukan agar pergerakan pertambahan kasus di Jakarta bisa terkendali. Menurutnya, jika penyebaran virus corona tidak terkendali bisa berdampak besar  pada ekonomi sosial budaya.

Bisnis Restoran Terkena Dampaknya Kembali

Pemberlakuan PSBB di Jakarta kembali berdampak pada bisnis restoran. Di mana, dalam aturan Pergub No. 88 Tahun 2020, restoran hingga kafe dilarang untuk melayani makan di tempat atau dine in. Meski begitu, restoran, rumah makan, ataupun kafe tetap bisa beroperasi hanya dengan memberikan pelayanan pengantaran atau ambil bawa pulang.

Baca Juga: Contoh Kartu Nama Restoran Terbaik untuk Tingkatkan Pendapatan

Jadi, bagi Anda yang kini sedang menjalani bisnis restoran atau industri food and beverages. Anda bisa kembali memutar otak dan menyusun strategi kembali untuk menggaet pelanggan Anda tetap loyal meski tidak bisa makan lagi di restoran. Jangan lupa juga untuk memberikan Food Preparation Card yang bisa meyakinkan pelanggan bahwa bisnis Anda telah memenuhi protokol kesehatan.

Itulah beberapa sektor bisnis yang diperbolehkan untuk tetap menjalankan usahanya di tengah masa PSBB. Namun, selain kesebelas sektor bisnis tersebut, bisnis Anda tetap bisa berjalan namun dengan sistem WFH atau Work from Home. Sehingga Anda tetap bisa menjalankan bisnis dari rumah.

Masa pandemi seperti saat ini bisa menjadi tantangan besar yang harus Anda hadapi sebagai pebisnis. Harus ada strategi baru yang mulai Anda pikirkan dan terapkan untuk tetap bisa bertahan di tengah masa PSBB ini. Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencetak kartu nama bisnis.

Dengan kartu nama, Anda bisa mempertahankan pelanggan menjadi pelanggan yang loyal. Cobalah berikan kepada setiap pelanggan yang membeli produk Anda. Sehingga, ketika mereka membutuhkan dan menginginkan produk Anda kembali, mereka bisa dengan mudah menghubungi Anda dan membeli produk yang Anda jual.

Untuk membuat kartu nama, kini Anda bisa membuat kartu nama dari rumah lewat kartunama.net, sehingga Anda tidak perlu keluar rumah di masa PSBB seperti sekarang. Dengan kartunama.net, Anda juga bisa mendapatkan kualitas kartu nama yang terjamin dan dengan harga yang terjangkau. Jadi tunggu apalagi? Buat dan cetak kartu nama Anda sekarang juga di kartunama.net!