Cara Membagikan Kartu Nama Bisnis yang Tepat

Banyak pengusaha baru yang mengabaikan pentingnya kartu nama bisnis. Padahal, kartu nama memiliki banyak fungsi mulai menjadi profil diri atau bisnis, personal branding, media informasi untuk bisnis, hingga mampu membantu meningkatkan kredibilitas bisnis. Namun, ketika baru memulai bisnis dan telah mencetak kartu nama, banyak juga pengusaha yang bingung bagaimana mereka harus membagikan kartu nama? Kepada siapa mereka harus memberikannya? Karena itulah, kartunama.net akan memberikan beberapa cara membagikan kartu nama bisnis yang tepat di bawah ini.

Berikan Ketika Ada yang Menanyakan Nomor Telepon

Ketika Anda baru menghadiri pertemuan bisnis atau ketika Anda baru hadir dalam suatu event dan bertemu lawan bicara yang baru saja Anda kenal, biasanya mereka akan menanyakan nomor telepon yang bisa mereka hubungi untuk membahas masalah bisnis lebih lanjut. Ketika Anda tidak memiliki kartu nama, mungkin Anda akan menyebutkan nomor secara langsung dan mereka akan mencatatnya di handphone mereka. Cara ini mungkin kurang tepat, karena bisa mengurangi kredibilitas Anda sebagai pribadi maupun mengurangi kredibilitas bisnis.

Sedangkan, ketika Anda memiliki kartu nama, Anda bisa memberikannya secara langsung saat itu juga, dan Anda pun bisa bertukar kartu nama. Sehingga, mereka bukan hanya memiliki nomor telepon Anda, tapi juga bisa memiliki detail kontak lain seperti email, website bisnis, akun social media, dan sebagainya. Ini tentu membuat mereka lebih tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai produk ataupun layanan yang dimiliki bisnis Anda.

Tinggalkan di Meja Restoran atau Kafe Sebelum Pergi

Ketika Anda selesai makan di sebuah restoran atau kafe, jangan pernah langsung pergi meninggalkan restoran atau kafe. Cobalah keluarkan kartu nama yang Anda miliki, satu atau dua lembar, kemudian tinggalkan di meja tempat Anda makan. Dengan begitu, kartu nama Anda bisa ditemukan oleh siapapun orang yang akan mengunjungi restoran setela Anda. Kemungkinan, mereka akan menghubungi bisnis Anda ketika mereka tertarik dengan bisnis yang Anda jalankan atau bahkan bisa mengajak Anda bekerja sama di kemudian hari. Namun, pastikan kartu nama hanya Anda tinggalkan di restoran atau kafe yang memang sering dikunjungi oleh pengusaha ataupun orang kantoran, bukan restoran yang sering dikunjungi anak sekolah atau mahasiswa.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Brand Restoran dengan Sukses

Sertakan Bersamaan dengan Alat Promosi Lainnya

Ketika Anda ingin menyebarkan brosur, flyer, atau alat promosi lainnya, Anda bisa coba menyelipkan kartu nama didalamnya. Meskipun alat promosi yang Anda sebarkan telah terdapat informasi kontak bagaimana menghubungi Anda jika orang tertarik, dengan menyisipkan kartu nama, orang yang menerimanya akan lebih tertarik untuk menghubungi Anda. Apalagi jika di kartu nama tersebut Anda sisipkan informasi yang jelas dan detail.

Baca Juga: 4 Media Promosi yang Tepat untuk Bisnis Laundry Kiloan

Jika alat promosi lain mungkin hanya bisa menarik calon pelanggan dengan berbagai informasi didalamnya, menyisipkan kartu nama tentu bisa menarik calon pelanggan, calon supplier, hingga calon investor yang tentunya akan membantu bisnis Anda lebih berkembang lagi.

Jadikan Sebagai Kupon Diskon atau Promosi Lain

Untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial, Anda juga bisa membagikan kartu nama ke seluruh calon pelanggan dan membuatnya sebagai kupon diskon atau promosi lain. Misalnya, di sisi depan Anda memberikan informasi mengenai bisnis, dan di sisi belakang Anda bisa menjadikannya sebagai kartu diskon dengan menampilkan barcode ataupun kode yang bisa discan pelanggan di lokasi bisnis untuk menikmati promosi bisnis yang Anda berlakukan. Dengan begitu, pelanggan akan dengan senang hati menyimpan kartu nama Anda dan akan selalu diingat ketika mereka ingin membeli produk dari bisnis Anda.

Itulah beberapa cara membagikan kartu nama yang tepat agar bisa membantu Anda memperkenalkan bisnis hingga meningkatkan penjualan. Untuk membuat kartu nama yang sesuai dengan bisnis Anda, kini Anda bisa membuatnya secara langsung dan online melalui kartunama.net. Di sini, Anda bisa mencetak kartu nama mulai dari Rp17 ribuan dan memilih desain kartu nama sesuai bisnis yang sedang Anda jalankan. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama bisnis Anda sekarang di kartunama.net!