13 Font untuk Kartu Nama yang Cocok untuk Desain Apapun

Desain kartu nama menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan, mulai dari background yang dipilih, layout desain, informasi, hingga font kartu nama itu sendiri. Memilih jenis font yang tepat bisa membuat kartu nama Anda menjadi terlihat lebih menarik dan bisa memberikan first impression yang baik dan memberikan benefit bagi perusahaan maupun karyawan Anda. 

Hal inilah yang membuat pemilihan jenis font yang cocok menjadi sangat penting. Selain bisa memberikan first impression yang baik dari penerima kartu nama, setiap font juga memiliki karakteristik tersendiri dan pastinya dengan bentuk yang unik. Jenis font yang umumnya sering digunakan pada kartu nama biasanya Times New Roman, Cambria, Calibri, Arial, Helvetica dan Serif. Namun seiring berkembangnya zaman kini ada banyak jenis font yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan karakter bisnis.

Selain itu, Anda juga harus bisa menyesuaikan font dengan warna dan background, atau elemen yang akan Anda pilih. Perhatikan juga layout, bentuk, dan ukuran font yang Anda pilih. Lalu font apa yang bisa Anda gunakan dan diaplikasikan di berbagai desain dan warna kartu nama namun tetap terlihat minimalis-elegan? Di bawah ini adalah jenis font untuk kartu nama yang bisa jadi pilihan tepat untuk pembuatan desain kartu nama Anda.

Sans Serif

Sans Serif termasuk salah satu jenis font yang paling banyak digunakan dalam pembuatan kartu nama. Selain jenisnya yang cukup banyak, font ini juga bisa menyatu dengan desain apapun. Font dengan tepi yang sedikit tajam dan berstruktur geometris ini bisa lebih fungsional dan mudah dibaca, dan cocok digunakan untuk kartu nama formal maupun non formal.

Baca Juga: 8 Contoh Kartu Nama Sesuai Kebutuhan Masing-Masing

Helvetica

Helvetica merupakan font dari grup Sans Serif yang paling populer digunakan sepanjang masa. Font klasik ini cocok digunakan untuk desain kartu nama di berbagai industri. Bentuknya yang sederhana membuat font ini menjadi tidak membosankan untuk digunakan.

Futura

Font ini hampir mirip dengan Helvetica yang juga merupakan salah satu grup Sans Serif. Tampilannya yang bersih dan tegas membuat Font ini sering digunakan untuk judul dan isi buku. Namun, seiring berjalannya waktu, font yang dirilis pada tahun 1924 ini digunakan oleh berbagai brand terkenal seperti  IKEA (sampai 2010), Supreme, Volkswagen, Royal Dutch Shell, FremantleMedia dan HP.

Handwritten

Font jenis Handwritten terlihat seperti tulisan tangan bergaya klasik yang memberikan kesan seolah-olah menggunakan kuas atau spidol. Bentuknya pun cukup beragam, mulai dari tebal, tipis, tegak, miring, dan lainnya. Dengan karakter tersebut, font ini bisa memberikan kesan santai pada kartu nama, sehingga cocok digunakan untuk kartu nama perusahaan yang bekerja lebih fleksibel seperti start up atau agency.

Nevis

Font ini memiliki bentuk yang kuat dan tegas pada setiap sudutnya. Biasanya, font ini sering digunakan untuk judul, Tagline, brand, dan nama pada desain kartu nama. Ketika Anda ingin mempertegas suatu kata dengan huruf besar, Font Nevis ini cocok untuk digunakan.

Brannboll Fet

Brannboll Fet memiliki banyak bentuk ligatur yang menawarkan desain font dan lebih tebal. Di mana, kurva dan detail setiap karakter sangat cocok untuk elemen desain apapun. Sehingga, jenis font satu ini cocok digunakan untuk kartu nama. Saat dicetak, font ini akan terlihat lebih estetik. Hal ini tentu bisa membuat kartu nama Anda terlihat lebih elegan dan minimalis

Brooklyn

Jenis font ini sangat simpel, sederhana, terlihat bersih dan teratur engan karakteristik huruf kapital yang tidak terlalu tinggi dan terdapat jarak pada setiap hurufnya. Banyak orang menggunakan font ini untuk mendapatkan hasil cetak yang terlihat sederhana namun penuh makna. Sehingga, jika Anda bisa menggunakannya dengan desan yang tepat, maka font ini bisa memberikan first impression yang cukup berkesan bagi yang melihat.

Myriad Pro

Myriad Pro merupakan font berkelas dan profesional yang memiliki bentuk clean dan enak dibaca. Font jenis ini juga memiliki beragam bentuk seperti lebih tebal, tipis, dan rapat, dan sangat cocok Anda gunakan untuk desain kartu nama yang lebih elegan.

Code

Font ini memiliki 3 bentuk, yaitu Light, Regular, dan Bold. Di mana, masing-masing bentuk memiliki karakteristik tersendiri, seperti tampilan yang bersih dan mudah dibaca. Bagi Anda yang ingin memberikan kartu nama dengan kesan eksklusif dan elegan, Anda dapat menggunakan Font Code dengan bentuk Light dan Regular saat mendesain kartu nama.

Campton

Font ini memiliki bentuk yang sederhana dan netral dan sering digunakan untuk desain web, editorial dan desain produk. Anda dapat memerhatikan bentuk huruf besar O dan C pada Font Campton yang membentuk lingkaran. Bisa dikatakan, jenis font ini memiliki daya tarik tersendiri ketika membuat desain kartu nama.

Trajan

Font ini memiliki bentuk seperti huruf romawi klasik yaitu tinggi, tipis, dan dengan ujung huruf yang meruncing. Font ini cocok digunakan untuk penegasan kata atau kalimat. Selain itu, huruf besar pada font satu ini menjadi ciri khas, karena pembuatannya terinspirasi dari berbagai prasasti romawi yang tidak pernah menggunakan huruf kecil.

Jura

Bagi Anda yang ingin kartu nama tampil dengan desain yang lebih lembut pada sudut huruf, maka Anda harus mencoba menggunakan Font Jura. Di mana, font ini memiliki bentuk yang tipis dan tinggi, sehingga bisa menjadi alternatif dari jenis font Sans Serif. Selain itu, font ini juga tidak kalah menarik dari jenis font lain, karena tetap bisa membuat kartu nama menjadi lebih elegan.

Gotu

Font Gotu adalah Modern Serif Typeface yang sering digunakan untuk desain branding, produk, dan tipografi. Ada banyak karakter yang bisa Anda gunakan di Modern Serif Typeface seperti huruf besar atau kecil, angka, dan simbol. Font ini memiliki keunikan pada tampilan huruf “T”, di mana font ini memiliki bentuk yang tipis dan enak untuk dibaca. Sehingga, font ini sering dijadikan alternatif untuk pembuatan desain kartu nama yang elegan.

Itulah beberapa jenis font untuk kartu nama yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam desain, mulai dari elegan, simple, minimalis, dan lainnya. Dengan jenis font yang tepat, maka desain kartu nama Anda pun akan terlihat bagus dan menarik penerimanya. Selain jenis font, pastikan juga Anda memilih ukuran font yang cocok. Hindari ukuran font yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Pastikan ukuran font bisa dibaca dengan mudah oleh penerima kartu nama. Sehingga, mereka akan lebih mudah menghubungi Anda ketika menerima kartu nama tersebut. Jangan sampai kartu nama Anda sia-sia hanya karena sulit dibaca.

Agar hasil kartu nama Anda bisa dicetak dengan baik dan sesuai standar. Anda bisa memanfaatkan kartunama.net sebagai platform pembuatan dan percetakan kartu nama online. Dengan kartunama.net, Anda bisa memilih desain yang bisa disesuaikan dengan jenis bisnis. Ada ratusan template yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk membuat desain kartu nama. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang belum memiliki branding perusahaan atau masih merintis bisnis dari nol.

Sedangkan bagi Anda yang sudah memiliki branding bisnis yang baik, Anda juga bisa mencetak kartu nama di kartunama.net. Hanya dengan mengupload desain yang Anda miliki dan cetak dari mana saja dan kapan saja, Anda sudah bisa mendapatkan kartu nama dengan kualitas baik. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai cetak kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net.