Pentingnya Negosiasi Bisnis untuk Kesepakatan yang Menguntungkan

Pentingnya Negosiasi Bisnis untuk Kesepakatan yang Menguntungkan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kegiatan negosiasi menjadi salah satu kegiatan yang sering dijumpai dan dilakukan oleh beberapa pelaku bisnis. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk mencapai kesepakatan terbaik antara pengusaha dengan supplier, pengusaha dengan pelanggan, pengusaha dengan investor, dan sebagainya.

Mungkin bagi sebagian orang, negosiasi bisnis hanya dalam masalah keuangan atau harga. Namun pada kenyataannya, negosiasi dalam bisnis ada berbagai jenis mulai dari harga, membuat kontrak kerja sama, ekspansi bisnis, investasi bisnis, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini biasanya dilakukan karena ada salah satu pihak yang merasa kurang puas atau kurang sesuai terhadap suatu hal, sehingga perlu dibuat kesepakatan ulang melalui negosiasi. Lalu bagaimana cara melakukan negosiasi bisnis dan kenapa negosiasi harus dilakukan? Di bawah ini kartunama.net akan menjelaskan beberapa hal penting terkait negosiasi bisnis.

Mengenal Arti Negosiasi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai negosiasi, Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu negosiasi? Negosiasi adalah upaya tawar menawar yang dirasa perlu dilakukan sebelum terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak yang melakukan negosiasi. Hal ini perlu dilakukan ketika belum ada kesepakatan antara kedua belah pihak. Sehingga, salah satu pihak merasa perlu untuk menawar kembali hal yang sedang dibahas.

Tidak hanya dilakukan untuk menemukan perjanjian, kesepakatan, maupun kerjasama, namun negosiasi juga dilakukan untuk mempengaruhi keputusan orang lain. Proses negosiasi ini biasanya dilakukan antara dua pihak, namun tidak jarang juga melibatkan pihak ketiga yang biasanya disebut negosiator atau orang yang memiliki skill negosiasi serta etika komunikasi bisnis yang baik. 

Persiapan Sebelum Melakukan Negosiasi Bisnis

Negosiasi bisnis bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Karena dengan negosiasi inilah Anda bisa mencapai kesepakatan yang dapat memengaruhi perkembangan bisnis. Jadi, sebelum melakukan negosiasi bisnis, persiapkan beberapa hal di bawah ini agar kegiatan negosiasi Anda bisa berjalan dengan baik.

1. Riset perusahaan

Pastikan bahwa misi dan kebutuhan mereka sesuai dengan keperluan perusahaan Anda. Kemudian kenali produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan mereka, dan pastikan produk mereka sesuai dengan industri perusahaan Anda.

2. Riset lawan bicara

Setelah itu, lakukan riset terhadap orang yang akan menjadi lawan bicara Anda selama negosiasi bisnis. Cari tahu peran dan pekerjaan mereka di dalam perusahaan misalnya dengan melihat profil LinkedIn mereka. Dengan riset mendalam, calon partner akan mengetahui bahwa perusahaan Anda peduli dengan kesepakatan serta partnership yang akan dilakukan dengan perusahaan mereka. Selain itu, riset ini juga dapat membantu Anda mempersiapkan strategi mengenai langkah-langkah yang bisa diambil untuk membantu bisnis calon partner.

Teknik Negosiasi Bisnis

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam proses negosiasi, salah satunya melalui komunikasi terarah yang dilakukan dengan berdiskusi.  Negosiasi yang baik harus dilakukan oleh seseorang yang memahami kapan harus melakukan negosiasi dan kapan harus berhenti berbicara untuk mendengarkan pendapat yang disampaikan pihak lainnya.

Dalam negosiasi, yang terpenting bukan hanya yang menyampaikan pendapat tapi juga mendengar dan memahami apa yang ingin disampaikan lawan bicara. Sehingga, Anda bisa mengatur strategi lain dalam bernegosiasi. Di bawah ini adalah teknik negosiasi yang bisa Anda lakukan.

1. Membuat target pencapaian negosiasi

Dengan target negosiasi, Anda bisa lebih fokus dalam melakukan negosiasi dan tidak mudah dipengaruhi atau dialihkan oleh kesepakatan yang bukan target negosiasi.

2. Melakukan riset yang komprehensif

Dengan melakukan riset, Anda bisa menambah informasi dan pengetahuan terkait negosiasi. Ini bisa menjadi salah satu landasan pendapat yang bisa digunakan dalam diskusi negosiasi.

3. Fokus tujuan utama negosiasi

Cobalah untuk membuat batasan dalam pembahasan topik. Jangan sampai hal yang dibahas dalam diskusi menjadi tidak menentu dan berkembang keluar dari tujuan.

4. Bersikap adil dengan pendapat orang lain

Cobalah terbuka dan mendengarkan pendapat lawan bicara, juga pikirkan dalam setiap bisnis pasti akan ada risiko atau hal yang dikorbankan. Hal ini akan membuat lawan bicara menjadi lebih nyaman dan bisa membuat proses negosiasi lebih lancar.

5. Menyiapkan alternatif win-win solutions

Jika tidak ada kesepakatan hingga batas waktu yang telah disepakati, maka kesepakatan dianggap batal ataupun menambah waktu diskusi. Jika hal ini terjadi, Anda bisa menawarkan kesepakatan lain yang menguntungkan kedua belah pihak.

Itulah beberapa hal penting terkait negosiasi bisnis. Dalam melakukan negosiasi, Anda juga harus menghindari beberapa hal seperti terlalu mempertahankan pendapat, melihat masalah dari satu sisi, melakukan perdebatan dan terlalu ingin menang, menyalahkan dan menyerang, hingga terbawa emosi.

Pastikan Anda tidak melakukan negosiasi dengan egois dan terbawa emosi, karena ini jelas akan merugikan perusahaan ataupun bisnis Anda. Selain itu, pastikan Anda membawa kartu nama yang bisa Anda berikan kepada calon partner. Sehingga, mereka merasa lebih dihargai dan membantu mereka menghubungi Anda ketika mereka menyetujui untuk melakukan kerja sama dengan bisnis Anda.

Jika Anda belum memiliki kartu nama atau kartu nama bisnis sedang habis, Anda bisa membuatnya sekarang juga dengan mudah dan cepat melalui website resmi kartunama.net atau melalui Official Store Tokopedia kartunama.net! Hanya dalam waktu 2 jam, kartu nama .yang Anda buat akan siap dikirim ke lokasi Anda. Jadi tunggu apalagi? Buat dan cetak kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net!

0 responses