6 Tipe Pelanggan yang Perlu Anda Pahami & Cara Mengatasinya

Ketika menjalankan bisnis, pasti Anda bertemu dengan banyak jenis pelanggan dengan karakter yang berbeda-beda. Dari karakter yang berbeda inilah, Anda tidak bisa menyamakan masing-masing karakter ketika ingin memberi layanan. Untuk memberi layanan terbaik tentu Anda harus mengenal dengan baik calon pelanggan atau audience yang akan Anda sasar. Dengan begitu Anda bisa mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dan menghadapi mereka. Di bawah ini adalah beberapa tipe pelanggan yang harus Anda ketahui dan cara menghadapinya.

Pendiam & Teladan

Tipe pelanggan ini biasanya tidak banyak bicara, kecuali jika Anda memulai pembicaraan. Mereka biasanya akan fokus mencari produk yang dibutuhkan. Untuk menghadapi pelanggan dengan tipe ini, Anda bisa mulai pembicaraan dengan hal-hal yang ringan, mencari tahu ketertarikan mereka, sehingga bisa membuat pelanggan menjadi percaya. Pelanggan dengan tipe ini bisa jadi menguntungkan asal Anda dapat menggali informasi tentang kebutuhan mereka dan menyesuaikan produk yang cocok untuk mereka. Sedangkan ketika melakukan pembelanjaan online, tipe pelanggan ini biasanya akan membaca deskripsi produk dengan baik sebelum membeli, dan langsung mengirim format order juga melakukan pembayaran. 

Cerewet

Pelanggan dengan tipe ini biasanya akan sangat aktif bertanya dan meminta pendapat sebelum melakukan pembelian. Biasanya mereka mudah diajak bicara santai dan sering merasa dekat dengan penjual. Untuk menghadapinya, Anda bisa membiarkan mereka bicara dan dengarkan apa yang mereka bicarakan. Dengan cara inilah mereka akan merasa dihargai. Tipe pelanggan seperti ini bisa menguntukan bagi bisnis Anda dan mereka akan dengan senang hati merekomendasikan toko Anda ke social media atau teman mereka.

Hemat

Tipe pelanggan ini seringkali mengutamakan untung dan rugi dari pembelian produk. Mereka biasanya akan detail dengan produk yang akan dibelinya. Bukan hanya senang mencari diskon dan membeli ketika ada promo, mereka juga biasanya akan mencari produk yang memiliki kelebihan dan fungsi dari produk tersebut. Sehingga, Anda perlu mempersiapkan hitungan produk serupa secara lengkap dan detail untuk menarik mereka.

Misalnya, Anda menjual skin care, maka mereka akan memilih skin care yang simpel dan multifungsi seperti bisa menjadi pelembab sekaligus alas bedak. Dengan begitu, Anda bisa menyampaikan bahwa dengan membeli skin care tersebut, mereka tidak perlu membeli 2 macam produk, sehingga bisa menghemat uang sekaligus menggunakan produk dengan simpel. 

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Nama dengan Mudah, Cepat, dan Berkualitas

Arogan

Tipe ini biasanya tidak akan mau menerima pendapat orang lain, dan merasa bahwa pendapat mereka yang paling benar. Untuk menghadapi pelanggan tipe ini, Anda perlu menyiapkan mental jika pendapat terus disanggah. Anda harus tetap tersenyum dan menjelaskan produk semaksimal mungkin dan cobalah puji pendapat mereka. Selain itu, Anda juga harus sabar menghadapinya, karena biasanya mereka akan sering gonta-ganti barang hingga berkali-kali. Mereka juga seringkali memiliki banyak perbandingan sebelum membeli, mulai dari barang, harga, hingga memerhatikan review. Cobalah aktif menjawab pertanyaan mereka dengan sabar dan terus tersenyum

Impulsif

Selalu positif dan yakin akan kebutuhan yang terus bergerak adalah tipe pelanggan impulsif. Biasanya mereka akan dengan mudah membeli produk tanpa melihat fungsi dan kebutuhan. Untuk menghadapi pelanggan ini, Anda bisa melakukan cara yang optimis mengenai produk tersebut. Cobalah lakukan komunikasi positif dan optimis, sehingga Anda bisa membuat tipe pembeli ini merasa hebat. Dengan begitu, pelanggan akan senang hati membeli produk Anda. 

Setia & Loyal

Tipe pelanggan ini menjadi salah satu tipe pelanggan yang paling disukai. Biasanya, tipe ini tidak akan pernah berpaling ke produk lain meski harga produk tersebut tidak stabil. Yang mereka pentingkan adalah kualitas dari produk dan juga layanan yang diberikan. Ketika sudah menemukan produk yang membuat mereka jatuh hati, mereka tidak akan terkecoh dan coba-coba produk lain yang belum jelas kualitasnya.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Loyalty Program yang Menarik Pelanggan

Untuk mendapatkan pelanggan seperti ini, hindari untuk menurunkan kualitas produk hanya demi keuntungan. Karena ini hanya membuat pelanggan kecewa dan berpaling ke merek pesaing lain. Selain mempertahankan kualitas, Anda juga bisa memberikan mereka ruang untuk memberikan saran dan keluhan. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih didengar dan Anda pun bisa memperbaikinya, sehingga bisnis akan terus berkembang.

Itulah beberapa tipe pelanggan yang perlu Anda ketahui ketika menjalankan bisnis. Dengan mengetahui tipe pelanggan dan karakteristiknya, Anda bisa lebih mudah menghadapinya dan memberikan layanan terbaik bagi mereka. Agar mereka tetap loyal pada bisnis Anda, pastikan juga untuk memberikan mereka kartu nama bisnis. Di mana, dengan kartu nama ini mereka bisa dengan mudah menghubungi Anda ketika ingin melakukan pemesanan maupun menyampaikan keluhan.

Selain itu, mereka juga dengan mudah menemukan Anda di social media, website, ataupun email. Sehingga ketika mereka puas, mereka akan dengan senang hati memberikan review positif untuk produk dan bisnis Anda.

Untuk membuat kartu nama bisnis, kini Anda bisa memanfaatkan platform www.kartunama.net untuk kualitas terbaik kartu nama Anda. Di sini, Anda bisa memilih template desain yang bisa disesuaikan dengan bisnis atau mencetaknya langsung dengan berbagai jenis finishing yang tentunya bisa membuat kartu nama Anda lebih unik. Kini, Anda juga bisa memesannya langsung di Official Store Tokopedia kartunama.net, sehingga Anda tidak perlu ragu masalah keamanan transaksinya. Jadi tunggu apalagi? Buat dan cetak kartu nama Anda sekarang juga di sini!