4 Cara Membuat Loyalty Program yang Menarik Pelanggan

4 Cara Membuat Loyalty Program yang Menarik Pelanggan

Siapa yang tidak berharap memiliki pelanggan yang loyal? Dengan memiliki pelanggan yang loyal berarti bisnis Anda telah mendapatkan kepercayaan pelanggan, dan mereka tidak akan mudah pindah ke kompetitor lain. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan pelanggan menjadi loyal kepada bisnis, salah satunya lewat loyalty program. Di mana, program ini akan memberikan akses kepada konsumen untuk memperoleh produk baru suatu perusahaan atau brand, voucher khusus atau free product yang akan dimaksudkan untuk menjaga keberlangsungan pertumbuhan perusahaan melalui kesetiaan pelanggan.

Baca Juga: Cara Membangun Brand yang Sukses & Mudah Diingat

Tujuan utama program ini adalah memberi reward kepada pelanggan setia. Meski begitu, tidak semua loyalty program berhasil meski Anda telah memberikan banyak benefit untuk pelanggan. Lalu bagaimana caranya agar loyalty program yang Anda buat diminati pelanggan? 

Hindari Hanya Berfokus pada Deals atau Diskon

Banyak perusahaan yang menawarkan loyalty program berupa deals atau diskon reward saja. Meski menarik, tapi banyak pelanggan yang telah mendapatkan reward serupa dari pihak retailer. Jadi, bagi Anda yang ingin membuat loyalty program, cobalah buat program yang lebih dari sekedar deals atau diskon reward.

Salah satu contoh penawaran menarik dari loyalty program datang dari GameStop’s PowerUp Rewards program yang mempunyai lebih dari 40 juta anggota. Di mana, mereka menawarkan versi berbayar dengan biaya 14,99 USD per tahun ditambah akses eksklusif ke berbagai merchandise, special deals dan diskon, bonus poin, hingga majalah Games Informer.

Baca Juga: 5 Manfaat Promosi yang Dapat Memberikan Keuntungan Bagi Bisnis

Selain itu, ada juga Sephora yang menawarkan loyalty programnya lewat Beauty Insider. Program ini melayani lebih dari 17 juta anggota setia dari berbagai negara dan mereka lah yang berkontribusi pada 80% penjualan tahunan Sephora. Dengan kartu ini, pelanggan hanya perlu menggesek kartu Beauty Insider setiap pembelian, dan kemudian kartu tersebut akan melacak jumlah uang yang dibelanjakan. Di mana, setiap uang yang dibelanjakan akan menghasilkan poin Beauty Insider yang bisa ditukarkan dengan diskon, produk edisi terbatas, gift card, atau bahkan kelas kecantikan gratis.

Buat Reward yang Berkaitan dengan Brand

Setiap pelanggan yang setia dengan brand tentu menginginkan reward yang tidak jauh dari brand. Cobalah buat program loyalty yang disesuaikan dengan brand positioning bisnis Anda. Strategi ini telah digunakan oleh brand Walgreens yang menawarkan loyalty program berupa poin tambahan untuk pelanggan yang menjalani hidup sehat, seperti melakukan kegiatan olahraga, memeriksa tekanan darah, hingga menghindari kebiasaan merokok karena brand positioning-nya adalah “at the corner of happy and healthy”.

Dengan begitu, pelanggan bukan hanya lebih percaya pada brand, tapi juga bisa melihat bahwa brand juga peduli dengan apa yang mereka lakukan dan mampu membantu menjaga kesehatan secara maksimal.

Gunakan Data untuk Kepentingan Pelanggan

Untuk menjaga perkembangan bisnis dengan mengandalkan kesetiaan pelanggan, Anda perlu loyalty program yang bisa diandalkan. Cobalah berikan reward yang fokus kepada kepentingan pelanggan. Dengan data pelanggan yang Anda miliki, cobalah ketahui apa yang pelanggan butuhkan atau inginkan. Jika Anda berhasil memberikan apa yang pelanggan inginkan, akan lebih mudah bagi Anda untuk memenangkan persaingan antar brand saat ini.

Sephora merupakan salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan data pelanggan dengan baik. Mereka telah memberikan akses kepada pelanggan yang berkaitan dengan data pembelian sebelumnya. Sehingga, pelanggan bisa mengingat produk-produk apa saja yang sudah mereka beli sebelumnya di Sephora. 

Selain Sephora ada juga Starbucks yang memanfaatkan data pelanggan dengan memberikan ucapan ulang tahun setiap tahunnya dan memberikan kado spesial minuman gratis kepada pelanggan yang berulang tahun. Di mana, pelanggan hanya perlu datang ke outlet terdekat dan menunjukkan Starbucks Card yang mereka miliki. 

Membuat Event Terbatas

Anda juga bisa membuat loyalty program yang menarik dengan mengadakan event tahunan yang ditunggu-tunggu pelanggan maupun umum. Disinilah, Anda bisa memberikan akses eksklusif untuk para pelanggan loyal, seperti memberikan free tiket masuk, diskon spesial, free service, dan masih banyak lagi. Event ini sangat cocok Anda lakukan ketika pelanggan Anda adalah millennial yang memang menyukai event seperti event music, beauty event, fashion event, dan sebagainya.

Baca Juga: Pentingnya Event untuk Promosi Bisnis yang Lebih Efektif

Itulah beberapa cara membuat loyalty program yang menarik untuk pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan kartu nama yang bisa digunakan sekaligus untuk loyalty program secara eksklusif. Namun, pastikan Anda membuat kartu nama ini dengan kualitas yang menarik dengan finishing yang unik. Hal ini dapat memastikan pelanggan selalu menyimpan kartu nama tersebut.

Anda bisa memilih teknik finishing kartu nama seperti die cut, cut out, hot print, UV spot, dan sebagainya. Pilih finishing yang menggambarkan brand Anda, sehingga pelanggan bisa langsung mengenali keunikan dari produk atau brand. Untuk membuat kartu nama dengan kualitas terbaik dan teknik finishing yang unik, Anda bisa memanfaatkan kartunama.net. Di sini, Anda sudah bisa membuat kartu nama dengan berbagai teknik finishing dengan kualitas bagus. Jadi tunggu apalagi? Buat sekarang juga di kartunama.net!

0 responses