Benarkah Multi Level Marketing Adalah Sistem Bisnis yang Menguntungkan?

Siapa yang tidak mengenal bisnis MLM atau Multi Level Marketing? Pasti siapapun sudah tidak asing lagi mendengar istilah ini. Namun, tahukah Anda apa itu bisnis MLM? Multi Level Marketing adalah model bisnis yang banyak digunakan dalam bentuk menjual barang dan jasa serta investasi untuk menarik peserta dengan iming-iming timbal balik yang menarik.

Pada awalnya, model bisnis ini digunakan untuk memasarkan produk agar supaya lebih efisien. Di mana, MLM jauh lebih menarik dibandingkan bisnis tradisional, karena produk yang dipasarkan bisa langsung sampai ke pelanggan tanpa melalui jaringan distribusi yang panjang. Bisnis jenis ini juga mengedepankan efisiensi jalur pemasaran yang panjang, sehingga biaya distribusi dari pabrik hingga ke pelanggan dapat ditekan dan dibagi dengan distributornya secara adil.

Bisnis MLM Memiliki Banyak Pro Kontra

Bisnis MLM memiliki pro dan kontra di kalangan masyarakat. Di mana, ada beberapa perusahaan yang mengatasnamakan bisnis MLM tanpa ada produk yang ditawarkan atau produk yang ditawarkan tidak berkualitas. Selain itu, orang yang bergabung lebih dulu ke dalam jaringan bisnis tersebut memiliki keuntungan besar dan yang bergabung belakangan mengalami kerugian.

Baca Juga: 5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan dalam Membangun Networking

Meski begitu, bisnis MLM mengalami perkembangan di Indonesia, sehingga banyak MLM yang berdiri. Namun sayangnya, MLM yang berdiri sebagian besar tidak memiliki produk yang jelas. Hal inilah yang membuat bisnis MLM dinilai buruk sebagian besar bergerak sebagai perusahaan yang hanya mengedepankan keanggotaan, bukan menjual produk dengan metode pemasaran MLM yang akhirnya membuat bisnis MLM tercoreng di mata masyarakat.

Ciri-Ciri Bisnis MLM yang Baik & Sehat

Bagi Anda yang ingin bergabung di dalam bisnis Multi Level Marketing, pastikan Anda cermat memilih bisnis MLM yang baik dan sehat. Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri bisnis MLM yang baik dan bisa Anda pilih.

1. Memiliki Produk atau Jasa untuk Dijual

Pastikan bisnis MLM yang ingin Anda pilih memiliki produk/jasa yang jelas dan dengan kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Pilih juga bisnis yang menawarkan produk yang dibutuhkan banyak orang. Di mana, ketika ada orang yang menggunakan produk tersebut, namun orang tersebut tidak ikut menjalankan sistem bisnisnya, berarti produk yang ditawarkan berkualitas dan sistem yang dijalankan juga bagus.

Selain produk yang berkualitas, pastikan juga harga jualnya wajar dan sesuai kualitas produk. Sehingga penghasilan member bukan dari harga produk yang dibanderol berkali-kali lipat, tapi dari jumlah pembeli yang puas dengan kualitas produknya. Ketika, bisnis MLM menjual produk yang harganya jauh lebih mahal dibanding harga pasaran, maka bisnis tersebut bisa dianggap tidak sehat dan rentan mengalami kebangkrutan. 

2. Upline Membantu Downline Berkembang

Dalam bisnis MLM dikenal istilah upline dan downline. Di mana, upline merupakan orang yang berada di level atas downline dan tugasnya menjadi master dealer (bos) dari pada downline tersebut. Jadi, sebelum memilih bisnis dengan sistem MLM, pastikan Anda memiliki upline yang akan memberikan bantuan, pembinaan, dan membagikan ilmu marketing kepada Anda sebagai downline. Bahkan upline harus berusaha membantu downline agar naik level sesuai usaha downline tersebut.

Baca Juga: Strategi Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

3. Memiliki Sistem yang Adil

Bisnis MLM yang baik akan menguntungkan seluruh member yang bekerja keras, tidak berdasarkan kapan waktu bergabung. Misalnya, upline tidak bekerja dan downline bekerja keras membangun jaringan, maka yang sukses adalah downline. Dengan sistem ini bisa membuat member semakin banyak karena sistemnya adil bagi semua member.

4. Memiliki Badan Hukum yang Jelas

Pastikan juga Anda bergabung di perusahaan yang telah memiliki badan hukum Perseroan Terbatas (PT), memiliki SIUPL (Surat Izin Usaha Perdagangan Langsung), dan NPWP. Karena itu adalah syarat penting menjalankan bisnis. Dengan memiliki beberapa dokumen tersebut, bisnis MLM dapat mempertanggungjawabkan bisnisnya kepada member maupun konsumen yang menggunakan produknya.

Tips Mengikuti Bisnis MLM

Bagi Anda yang ingin mengikuti bisnis MLM dan sudah menemukan bisnis MLM yang cocok dengan Anda. Di bawah ini adalah beberapa tips yang harus diperhatikan:

1. Pelajari Marketing Plan & Produk yang Dipasarkan

Banyak oranng yang langsung terjun ke dalam sistem bisnis MLM tanpa mempelajari marketing plan yang diberikan perusahaan karena tergiur iming-iming yang ditawarkan oleh leader-leader. Ini tentu langkah yang salah dan justru bisa menjebak Anda ke sistem yang merugikan. Bisa jadi, bisnis yang Anda pilih ternyata memiliki sistem yang bergabung di awal akan mendapatkan keuntungan besar dan bergabung belakangan sebagai korban.

Baca Juga: 4 Tugas Marketing dalam Mendukung Bisnis Maju & Berkembang

Selain itu, pelajari juga produk yang akan Anda pasarkan dan jual. Dengan mempelajarinya, Anda akan lebih memahami target pasar yang akan dituju dan cara tepat menjual dan memperkenalkan produk tersebut ke pelanggan. Anda juga bisa menjawab semua pertanyaan yang akan diajukan oleh calon pelanggan. Jadi, pastikan Anda pelajari dan pahami marketing plan dan produk yang akan Anda jual.

2. Kenali Perusahaan MLM

Banyak perusahaan multi level marketing yang tutup setelah melewati tahun kelima atau tahun kesepuluh. Biasanya ini terjadi pada tahap awal memberikan bonus yang berlebihan kepada para leader untuk menarik mereka bergabung.

Perusahaan yang baru berdiri atau kurang dari 5 tahun perlu Anda teliti.Perhatikan bagaimana komitmen jangka pendek dan jangka panjang perusahaan terhadap distributor. Pastikan perusahaan memiliki kebijakan terhadap produk-produk yang ditawarkan dan bisa mengikuti perkembangan pasar.

3. Beranggapan Jaringan akan Berkembang Sendiri

Banyak orang yang salah dan beranggapan bahwa dengan melakukan pembelian atau investasi dengan sejumlah uang, maka jaringan akan berkembang dengan sendirinya. Padahal, untuk mengembangkan jaringan perlu pelatihan-pelatihan untuk pengembangan kepribadian, leadership, kemampuan teknis, kemampuan menjual produk, dan sebagainya.

Membangun networking diperlukan pembinaan secara berkelanjutan, mulai dari sejak bergabung hingga peringkat yang sudah tinggi sekalipun. Di mana, jaringan dalam bisnis MLM merupakan fondasi yang kuat dan membantu Anda bertahan lama, serta memberikan banyak nilai-nilai positif baik untuk Anda maupun konsumen produk tersebut.

Jadi, pastikan Anda selalu mengembangkan diri dengan melakukan presentasi dan mengikuti training. Di mana, melalui presentasi-presentasi para leader akan memberikan pengarahan cara sukses dalam menjalankan bisnis dan juga bisa menjadi sarana pemberian motivasi dalam menjalankan bisnis ini.

4. Kembangkan Kepribadian

Membangun networking atau jaringan pemasaran secara MLM adalah menjalin kerja sama dengan banyak orang. Untuk membangun hubungan baik, Anda sebagai pelaku bisnis perlu selalu mengembangkan kepribadian. Di mana, dengan mengembangkan kepribadian akan memberikan peran besar bagi pertumbuhan jaringan dan semakin besar jaringan itu maka tantangan yang dihadapi juga akan semakin besar.

5. Menjadi Pendengar Baik & Hindari untuk Memaksa

Apapun bisnis yang Anda jalankan, pastikan Anda menjadi pendengar yang baik, bukan hanya sekedar banyak bicara. Dengan begitu, Anda bisa memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan. Meski begitu, jangan sampai juga Anda memaksa orang lain untuk bergabung dengan melakukan penipuan-penipuan. Cukup dengan jelaskan manfaat atau keuntungan yang mereka dapatkan dengan bergabung menjadi member dengan cara yang menarik, dan biarkan mereka berpikir untuk menentukan apakah akan bergabung atau tidak.

Itulah beberapa ciri dan tips menjalankan bisnis multi level marketing yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, dapat diperhatikan bahwa bisnis ini menomorsatukan networking dalam sistemnya. Sehingga, kartu nama menjadi hal paling penting yang harus Anda miliki ketika ingin memperkenalkan diri ke calon anggota maupun ke calon pelanggan.

Anda bisa membuat kartu nama profesional bagi diri sendiri, sehingga mempermudah Anda ketika mencari calon anggota maupun pelanggan. Kartunama.net sebagai platform pembuatan kartu nama bisa membantu Anda membuat dan mencetak kartu nama dengan mudah, cepat, dan juga dengan biaya yang terjangkau. Mulai dari Rp17 ribu, Anda sudah bisa memiliki kartu nama profesional dengan kualitas yang terjamin. Jadi tunggu apalagi? Buat dan cetak kartu nama profesional Anda di kartunama.net!