4 Tugas Marketing dalam Mendukung Bisnis Maju & Berkembang

Marketing merupakan salah satu kegiatan pemasaran atau promosi suatu produk yang bertujuan untuk memperkenalkan dan membuat target audience tertarik pada produk tersebut, hingga diminati dan dibeli atau dikonsumsi masyarakat atau pelanggan. Tanpa adanya marketing, produk atau bisnis akan sulit untuk berkembang dan mendapatkan keuntungan. Hal inilah yang membuat seseorang di posisi marketing menjadi bagian penting dalam perusahaan, serta dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas untuk menarik audience. Selain itu, tugas marketing juga harus mampu melakukan analisa dalam membuat strategi pemasaran. Bukan hanya itu, ada beberapa tugas marketing yang bisa membantu bisnis berkembang, Anda sebagai pemilik perusahaan wajib mengetahuinya. Di bawah ini adalah beberapa tugas marketing yang harus Anda ketahui.

Merencanakan Kegiatan Promosi

Seorang marketing merupakan tombak sebuah perusahaan. Tanpa adanya marketing, perusahaan akan sulit menjalankan kegiatan bisnisnya dan sulit menghasilkan pendapatan. Hal ini tentu merugikan dan bisa menyebabkan bisnis gagal. Untuk memperkenalkan produknya ke khalayak, seorang marketing harus bisa merencanakan promosi terhadap produk yang ingin dijual.

Untuk menjalankan tugas ini dengan lebih tepat, seorang marketing harus mampu mengamati dan melakukan analisa pasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan minat masyarakat terhadap suatu produk. Sehingga produk yang dihasilkan perusahaan bisa laku dipasaran. Kegiatan promosi yang  bisa digunakan oleh perusahaan pun bermacam-macam, mulai dari promosi offline atau online.

Baca Juga: Strategi Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Promosi offline merupakan salah satu strategi marketing yang sudah ada sejak dulu dan tidak bisa dihilangkan hingga kini, seperti event bisnis, menyebar flyer atau brosur, beriklan di radio atau televisi, dan sebagainya. Sedangkan, untuk melakukan promosi online, seorang marketing harus memiliki skill dalam menembak target yang ditentukan. Tanpa adanya skill tersebut, bisnis bisa merugi dalam masalah biaya promosi. Cobalah pastikan, marketing Anda memahami tools promosi online seperti SEO/SEM, social media, Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, Youtube Ads dan lainnya.

Menyusun Promosi yang Tepat

Bukan hanya merencanakan kegiatan promosi, seorang marketing juga harus bisa merencanakan harga dan juga promosi yang tepat bagi bisnis. Hal ini dilakukan untuk menarik calon pelanggan maupun pelanggan. Seperti yang telah kita ketahui, masyarakat Indonesia akan lebih tertarik dengan produk berbau promosi, hal inilah yang perlu dilakukan seorang marketing. Menyusun promosi yang tepat juga tidak boleh sembarangan, di mana merketing harus bisa melakukan analisa dan mencari tahu apa saja hal yang membuat target market tertarik dan sesuaikan juga dengan produk yang akan dipasarkan. Misalnya, ketika di hari ibu bulan Desember nanti, Anda bisa menyusun strategi khusus hari ibu, atau ketika bisnis baru launching produk baru, maka Anda bisa mulai dengan membuat promo beli 1 gratis 1, dan sebagainya.

Melayani Calon Pelanggan & Pelanggan

Bukan hanya membuat rencana dan strategi marketing. Seorang marketing juga bertugas sebagai orang yang bisa memberikan pelayanan kepada pelanggan. Sebagai seorang yang menjembatani antara bisnis dan pelanggan, seorang marketing juga bertanggung jawab untuk membangun citra baik perusahaan di mata pelanggan. Jadi, pastikan marketing Anda bisa memastikan hubungan baik mereka dengan pelanggan. Selain menjaga hubungan, hal ini juga bisa menjadi salah satu strategi membuat pelanggan lebih loyal kepada bisnis Anda. Mintalah marketing Anda sesekali menanyakan pelanggan terkait keluhan yang mereka rasakan, dan bantulah mereka menyelesaikan masalah tersebut.

Selain itu, untuk menanyakan kabar pelanggan, Anda juga bisa meminta marketing untuk menyapa pelanggan, misalnya saat pelanggan ulang tahun perusahaan memberikan ucapan melalui email, atau mungkin juga membuat strategi program loyalty reward untuk membuat pelanggan loyal terhadap bisnis.

Mengatur Kerja Sama Bisnis

Seorang marketing juga memiliki tugas untuk menjalin kerja sama bisnis, terutama kerja sama terkait pemasaran atau promosi. Misalnya, ketika bisnis Anda ingin bekerja sama dalam menjalankan event, ketika Anda ingin meminta sponsor dengan perusahaan lain, barter atau tukar produk untuk promosi bundling, dan sebagainya. Jadi, setelah marketing menyusun strategi, mereka juga harus  bisa mengeksekusi dan mengatur kerja sama bisnis demi strategi yang telah disusun tersebut bisa berjalan sesuai harapan.

Hal inilah yang membuat perusahaan wajib membekali marketing kartu nama bisnis. Di mana, dengan kartu nama inilah, seorang marketing bisa menjalankan tugasnya dengan lebih baik dan profesional. Misalnya, ketika marketing melakukan pertemuan dan meeting terkait kerja sama, setelah meeting selesai biasanya seorang marketing akan bertukar informasi untuk menentukan step atau langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam kerja sama bisnis tersebut.

Untuk membekali marketing Anda dengan kartu nama profesional, pastikan Anda membuat kartu nama dengan kualitas terbaik. Karena dengan kartu nama inilah, calon rekan bisnis bisa mengukur seberapa profesionalkah perusahaan atau bisnis. Anda bisa membuat kartu nama dengan kualitas terbaik di kartunama.net. Dengan kartunama.net, Anda bisa membuat dan mencetak kartu nama dengan mudah, kapan dan di mana saja. Selain itu, kartunama.net juga menjamin kualitas yang didapatkan merupakan kualitas terbaik bagi bisnis Anda.

Bagi Anda bisnis baru dan belum pernah memiliki kartu nama sebelumnya, kartunama.net juga menyediakan ratusan template desain kartu nama yang bisa Anda pilih sesuai dengan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net dan dapatkan citra positif lewat marketing bisnis Anda.