6 Tips Mencari Supplier yang Tepat & Menguntungkan

Pernahkah Anda mengalami masalah stok ketika menjalankan bisnis? Misalnya, ketika di akhir tahun seperti saat ini banyak pelanggan yang datang untuk membeli kue kering Anda, namun stok bahan baku yang Anda miliki telah habis sehingga tidak bisa memenuhi pesanan tersebut secara tepat waktu. Hal ini tentu sangat merugikan bukan bagi bisnis Anda? Selain mengurangi kesempatan Anda untuk menghasilkan penghasilan, masalah yang terlihat sepele ini ternyata juga bisa membuat pelanggan Anda beralih ke pesaing.

Secara umum, supplier atau pemasok barang memiliki beberapa fungsi yaitu:

  1. Memastikan kesediaan bahan baku;
  2. Memastikan bahan baku dalam kondisi yang baik saat diterima.
  3. Mengelola penyimpanan bahan baku sebelum dikirim.
  4. Mengatur pengiriman bahan baku sesuai permintaan agar tepat waktu.

Berdasarkan fungsi di atas maka Anda sebagai pengusaha atau pemilik bisnis sudah seharusnya memperhatikan dengan baik ketika ingin memilih dan mencari supplier. Jangan sampai, hanya karena supplier yang memberikan harga murah, namun mereka tidak bisa menyediakan bahan baku secara tepat waktu yang tentunya berakibat fatal bagi bisnis. Lalu bagaimana tips tepat mencari supplier yang tepat bagi bisnis?

Perhatikan Kualitas

Kualitas adalah hal penting yang harus Anda perhatikan ketika ingin mencari supplier. Dengan memilih kualitas yang tidak baik, maka sudah dipastikan produk yang akan Anda hasilkan atau jual pun akan sama buruknya. Hal ini tentu bisa membuat pelanggan Anda kabur bahkan ‘kapok’ untuk membeli produk Anda. Jadi, ketika Anda mencari supplier, pastikan Anda memperhatikan kualitas dan jangan mudah tergiur dengan harga atau biaya yang murah.

Dengan memperhatikan kualitas produk, maka dapat dipastikan bisnis Anda akan berjalan dalam waktu panjang, dan pelanggan pun akan puas dengan produk yang Anda jual. Sehingga mereka akan selalu tertarik untuk membeli barang atau produk bisnis Anda.

Cari Tahu Kredibilitas Supplier

Bukan hanya kualitas dari barang atau bahan yang bisa diberikan calon supplier, Anda juga harus memperhatikan kredibilitas dari supplier itu sendiri. Anda bisa melakukan research kecil untuk mengetahui track record mereka terhadap pembeli sebelumnya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, seperti mengecek melalui social media, melihat testimoni melalui forum, cek di beberapa komunitas, dan masih banyak lagi. Pastikan supplier yang Anda pilih tidak pernah bermasalah dengan pembelinya.

Pilih Supplier dengan Konsistensi Tinggi

Supplier yang selalu konsisten memberikan kualitas baik dan proses pengiriman yang tepat waktu pasti akan menguntungkan bagi bisnis Anda. Jadi, pastikan Anda memilih supplier dengan konsistensi tinggi. Karena, supplier yang sering mengalami kendala dalam pengiriman atau tidak mampu menjaga kualitas barangnya, ini akan mempengaruhi jalannya bisnis Anda. Sebelum memilih supplier, cobalah perhitungkan beberapa faktor-faktor yang mungkin terjadi seperti jarak pengiriman, waktu tempuh, jarak kerja, hingga peralatan kerjanya.

Cari Produsen Langsung

Setidaknya ada 2 (dua) tipe supplier yang bisa Anda temui, yaitu supplier sebagai distributor dan produsen. Bagi Anda yang ingin mendapatkan harga terbaik, usahakan Anda mendapatkan supplier yang benar-benar sebagai produsen langsung. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan harga murah, sehingga membuat margin keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar dibandingkan bekerja sama dengan supplier yang sudah berstatus tangan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Mintalah Produk Sampel

Ketika Anda masih ragu dengan kualitas barang yang dijanjikan supplier, cobalah minta sampel untuk masing-masing produk yang Anda butuhkan. Biasanya, mereka akan dengan senang hati memberikannya kepada calon pembeli. Dengan sampel inilah, Anda bisa lebih yakin ketika ingin membuat keputusan lebih lanjut. Namun, meski produk sampel yang diberikan dengan kualitas baik, Anda tetap harus selalu waspada dan mengecek kualitas produk di setiap pesanan berikutnya.

Pilih Supplier dengan Sistem Garansi dan Retur

Setelah Anda menjatuhkan pilihan ke beberapa supplier, pastikan juga Anda memperhatikan dan mempelajari aturan serta kebijakan dalam hal garansi dan kebijakan pengembalian barang secara detail. Meski tidak semua supplier menawarkan garansi uang, setidaknya Anda bisa mencari supplier yang mampu memberikan garansi jika barang yang diterima sudah dalam keadaan rusak atau tidak layak. Hal ini bisa mengurangi risiko pembelian bahan baku untuk bisnis. Misalnya, ketika Anda membeli tepung terigu untuk bisnis roti, kemudian tepung tersebut terkena air selama perjalanan dan menyebabkan jamur, maka Anda bisa mengajukan retur untuk diganti tepung yang baru. Masalah garansi dan retur ini harus Anda pahami dan tanyakan di awal, sehingga tidak ada kesalahpahaman ketika kerja sama bisnis ini berjalan.

Itulah beberapa tips mencari supplier yang tepat untuk bisnis Anda. Dengan memilih supplier yang tepat, maka dapat dipastikan bisnis Anda bisa berjalan dengan maksimal sesuai dengan tujuan bisnis. Selain tips di atas, pastikan juga Anda memberikan kartu nama ke beberapa calon supplier, sehingga Anda bisa membandingkan penawaran yang diberikan oleh calon supplier.

Untuk membuat kartu nama, Anda bisa membuatnya dengan mudah kapan dan di mana saja lewat Tokopedia Official Store atau website kartunama.net. Di sini, Anda bisa membuat kartu nama dengan beberapa klik dan memilih desain yang bisa disesuaikan dengan bisnis. Hanya dalam 2 jam, pesanan Anda siap diantar ke lokasi bisnis atau ke rumah Anda langsung. Mudah dan simpel bukan? Jadi tunggu apalagi? Buat dan cetak kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net!