8 Cara Mencari Investor yang Tepat untuk Kembangkan Bisnis

Ketika ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi, tentu membutuhkan modal yang cukup besar. Hal ini yang terkadang membuat beberapa pengusaha jalan di tempat dan tidak berani membesarkan bisnisnya. Padahal, mereka memiliki banyak ide kreatif untuk memulai sebuah bisnis yang sukses, namun mereka tidak berani mengambil risiko yang tinggi.

Sebenarnya ide-ide tersebut bisa berjalan lancar jika mereka bisa mendapatkan modal dari investor, tetapi mencari seorang investor tidaklah mudah. Perlu dilakukan beberapa cara agar bisa mendapatkan investor yang tertarik dengan bisnis dan berani menanamkan modalnya. Nah, bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis dan sedang mencari investor, di bawah ini adalah beberapa cara mencari investor untuk mendapatkan modal usaha.

Mengajukan Proposal Bisnis

Ketika Anda ingin mencari investor, cara mencari investor pertama yang harus Anda siapkan adalah mengajukan proposal bisnis. Pastikan Anda membuat proposal yang menarik dan bisa memberikan dampak besar terhadap penilaian perusahaan. Proposal ini harus berisi secara detail mengenai visi dan misi perusahaan, latar belakang perusahaan, posisi arus kas perusahaan, rencana usaha yang akan datang, hingga dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Untuk menarik investor, cobalah buat proposal bisnis secara detail dan fokus pada hal-hal utama yang perlu diketahui investor, sehingga proposal dapat lebih mudah dimengerti. Pastikan juga Anda membuat ringkasan yang dapat menonjolkan unique selling point yang membedakan Anda dari perusahaan sejenis. Karena dari proposal inilah investor akan menilai apakah model bisnis Anda bisa dikembangkan dan menilai perkiraan valuasi startup Anda ke depan.

Persiapkan Presentasi yang Menarik

Setelah Anda mengajukan proposal bisnis, langkah selanjutnya yang harus Anda lalui adalah melakukan presentasi proposal ke calon investor. Proses ini menjadi salah satu kesempatan untuk mempresentasikan keunggulan bisnis di hadapan investor secara langsung. Untuk menyukseskan tahap ini, Anda harus membuat presentasi yang ringan, mudah dipahami, dan tidak membosankan. Pastikan presentasi menunjukkan hal yang membuat bisnis Anda lebih unggul dibandingkan pesaing lainnya.

Berikan penjelasan mengenai model bisnis, posisi keuangan perusahaan, prospek bisnis, manfaat bagi investor, hingga kompetitor dan risiko dalam industri tersebut. Hal ini penting diketahui investor sebelum melakukan investasi pada bisnis Anda. Yakinkan kepada mereka bahwa bisnis Anda memiliki solusi dan hal unik yang membedakan Anda dengan kompetitor lainnya.

Setelah melakukan presentasi jangan lupa untuk berikan kartu nama bisnis Anda dan lakukan follow up secara berkala untuk mengetahui kelanjutan proses pendanaan, apakah calon investor tertarik atau Anda perlu mencari calon investor lainnya. Tunjukkan kepada investor bahwa Anda memiliki niat yang kuat untuk bekerja sama dengan investor tersebut tanpa terlihat memaksa.

Pastikan juga Anda memberikan kartu nama profesional dengan kualitas terbaik. Karena kartu nama inilah yang akan mencerminkan bisnis Anda di mata calon investor. Semakin berkualitas kartu nama yang Anda berikan, semakin kredibel bisnis Anda di mata mereka. Ini tentu bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis Anda. Jadi pastikan Anda membuat kartu nama terbaik di platform kartunama.net, di sini Anda bisa mendapatkan kartu nama berkualitas yang membantu Anda terlihat lebih profesional di mata calon investor maupun pelanggan Anda.

Baca Juga: 4 Fungsi Kartu Nama Bagi Perusahaan & Pribadi dalam Bisnis

Mengikuti Pameran dan Kompetisi

Tidak hanya bisa berdiam diri menunggu investor datang, cobalah aktif untuk mengikuti pameran dan kompetisi di bidang bisnis. Dengan mengikuti pameran dan kompetisi, akan ada banyak investor yang melihat dan ketika tertarik calon investor akan bersedia menanamkan modal untuk bisnis Anda.

Pastikan Anda memperlihatkan konsep bisnis yang menarik, karena semakin menarik semakin banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya pada bisnis Anda. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini dan tunjukkan semua nilai plus dari bisnis Anda.

Membuat Strategi Bisnis

Ketika mencari seorang investor, Anda perlu membuat strategi bisnis yang tepat dalam mengembangkan bisnis. Biasanya calon investor selalu menanyakan strategi apa yang akan digunakan, sehingga Anda perlu menyiapkannya dengan sempurna. Strategi bisnis yang tersusun rapi bisa memperlihatkan prospek bisnis di waktu mendatang. Sebab tidak sedikit perusahaan besar yang mengalami kemunduran bahkan gulung tikar hanya karena strategi yang tidak matang dan kurang stabil.

Membuat Laporan Keuangan dengan Benar

Laporan keuangan menjadi salah satu lampiran penting yang harus Anda miliki ketika ingin mencari investor. Sebab, sebelum memutuskan untuk menanam modal pada bisnis Anda, setiap calon investor ingin mendapatkan jaminan untuk memperoleh profit dari perusahaan tersebut. Nantinya laporan keuangan inilah yang juga menjadi pertimbangan, jika laporan keuangan menunjukkan profit yang cukup menjanjikan, maka calon investor akan lebih mudah tertarik untuk menanamkan modal ke bisnis Anda. 

Pastikan Bisnis Berbentuk PT

Sebelum mencari investor, pastikan juga bisnis Anda didirikan dalam bentuk perseroan terbatas (PT). Di mana, PT merupakan satu-satunya badan usaha berbadan hukum dan seluruh modal PT terbagi ke dalam saham, sehingga akan dianggap lebih kredibel dan mempermudah investor menginvestasikan modalnya.

Sebagai timbal balik atas dana yang diberikan, investor akan memperoleh saham pada perusahaan yang persentase kepemilikan sahamnya setara dengan dana yang diberikan. Dengan memiliki saham di dalam bisnis, maka secara tidak langsung investor juga memiliki posisi sebagai “pemilik” perusahaan.

Pilih Investor yang Tepat & Sesuai Kebutuhan

Ketika Anda ingin mencari investor, ada baiknya Anda juga mengetahui calon investor dan juga pertimbangkan besaran modal yang Anda perlukan, serta dengan cara apa investor akan menginvestasikan dananya. Misalnya, ketika Anda mencari pendanaan dari venture capital, lakukan riset mengenai venture capital yang cocok dengan tahapan modal yang Anda butuhkan, apakah pre-seed, seed, series A, atau seterusnya.

Umumnya pihak venture capital telah menentukan jumlah dana yang akan diberikan dan dana tersebut harus setara dengan berapa persen saham pada bisnis Anda. Pada prakteknya, sering ditemui bahwa dana akan diberikan melalui sistem konversi utang, di mana dana tersebut akan dianggap utang dan pada jangka waktu tertentu dan akan dikonversi menjadi saham pada bisnis.

Perluas Networking Bisnis

Umumnya investor akan menerima penawaran dari berbagai macam bisnis dan biasanya mereka akan memilih perusahaan yang telah mereka kenal dan familiar. Tidak jarang juga para investor akan memberikan investasi kepada perusahaan yang telah direkomendasikan partner bisnis yang mereka percaya.

Jadi, ketika Anda berharap mendapatkan investasi, cobalah mulai bernetworking dan mulai dari lingkup-lingkup terdekat seperti alumni sekolah, pekerjaan, teman-teman, maupun menghadiri event seputar bisnis yang ada di sekitar. Jika Anda telah memiliki target investor, cari tahu terlebih dulu apakah Anda memiliki kenalan yang bisa menghubungkan bisnis Anda dengan investor tersebut.

Namun, jika tidak memiliki kenalan, Anda dapat mengikuti pameran, kompetisi, dan forum bisnis. Biasanya di dalam acara ini akan banyak investor yang diundang sebagai pengisi acara maupun hanya sekedar datang melihat bisnis yang menarik. Sehingga, menghadiri acara seperti ini menjadi kesempatan besar bagi Anda bertemu investor secara langsung. Selain menemukan calon investor, Anda juga dapat menjalin kerja sama atau menambah jaringan dengan profesional yang bermanfaat untuk jangka panjang.

Pastikan juga untuk selalu membawa kartu nama ketika Anda melakukan networking bisnis. Dengan kartu nama inilah Anda bisa berkenalan dan membuka obrolan dengan calon investor. Hal ini tentu membuka kesempatan bagus bagi Anda yang sedang mencari investor maupun rekan bisnis lainnya. Pastikan juga Anda membuat kartu nama berkualitas untuk meningkatkan profesionalitas dan kredibilitas bisnis.

Kartunama.net adalah salah satu platform yang dapat membantu dan memastikan bahwa kartu nama yang Anda cetak memiliki kualitas terbaik. Untuk membuat kartu nama di kartunama.net, Anda bisa mengunjungi situs www.kartunama.net atau pesan melalui Official Store Kartunama.net di Tokopedia.

Itulah beberapa cara mencari investor yang tepat untuk bisnis Anda.