8 Tips Memulai Bisnis Hidroponik yang Menguntungkan

Sejak pandemi terjadi dan pemerintah terus menghimbau untuk tetap di rumah saja, banyak orang yang memanfaatkan waktu di rumah untuk memulai hobi baru, salah satunya berkebun dari rumah. Hobi ini menjadi tren yang terus meningkat dan sering terlihat di beberapa social media banyak orang yang mulai mengunggah postingan tentang belajar berkebun secara hidroponik. Selain menjadi hobi, ternyata tren ini juga menjadi salah satu peluang untuk meraih keuntungan di tengah pandemi seperti sekarang. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis hidroponik, di bawah ini kartunama.net akan memberikan beberapa tips memulai bisnis hidroponik yang mudah dan menguntungkan. 

Memahami Apa Itu Hidroponik

Sebelum memulai bisnis hidroponik, apakah Anda sudah memahami apa itu bisnis hidroponik? Hidroponik adalah bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai pendukung utamanya. Bisnis ini juga menjadi salah satu bisnis yang sedang tren dan berhasil memproduksi hampir dua kali lipat dari jumlah hasil yang dihasilkan pertanian tanah normal. Sehingga, bisnis ini sangat menguntungkan bagi petani. Bisnis ini juga mudah dan tidak membutuhkan modal yang banyak, karena Anda tidak memerlukan lahan yang luas, sehingga tidak perlu sewa lahan dan bisa memanfaatkan area sekitar rumah Anda yang kosong.

Rencanakan Apa yang Ingin Anda Lakukan

Setelah Anda memahami dengan baik apa itu bisnis hidroponik, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah merencanakan apa yang ingin dilakukan dengan bisnis tersebut. Cobalah mulai dengan mencari tahu berapa biaya yang Anda butuhkan, kemudian buatlah perhitungan per periode misalnya per 3 bulan, 6 bulan, dan seterusnya. Dengan begitu, Anda bisa fokus pada jalur bisnis dan tujuan yang Anda capai.

Selain itu, tentukan kemana Anda akan memasarkan produk hidroponik tersebut dan siapa target marketnya, apakah Anda ingin memasarkan langsung ke calon pelanggan atau memasarkannya ke restoran atau supermarket lokal, dan sebagainya. Hal ini akan mempermudah Anda ketika ingin membuat strategi pemasaran, karena kedua target tersebut akan berbeda strategi yang digunakan.

Tentukan Jenis Tanaman Hidroponik

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis tanaman hidroponik apa yang akan Anda jual. Jenis tanaman yang dipilih bisa disesuaikan dengan lahan dan kebutuhan masyarakat, misalnya selada, sawi, timun, kangkung, cabai, dan sayuran hijau lainnya. Pertumbuhan subur dengan media sederhana bisa memberikan skala khusus bagi untuk membuatnya sebagai prospek masa depan. 

Manfaatkan Halaman Rumah Anda

Untuk permulaan, Anda bisa memanfaatkan halaman rumah yang kosong atau tidak terpakai untuk membuat tanaman hidroponik. Selain menghemat biaya, menanam tanaman hidroponik juga tidak membutuhkan halaman yang luas. Dengan memanfaatkan halaman rumah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa lahan untuk memulai bisnis ini. Namun, jika dirasa bisnis Anda terus berkembang dan lahan rumah sudah tidak mampu menampungnya, Anda bisa mencoba membeli atau menyewa rumah kaca yang bisa membantu hidroponik berkembang dengan baik.

Pilih Bibit Dari Pemasok Terbaik

Dalam menjalankan bisnis hidroponik, bibit tanaman adalah salah satu kunci yang menentukan keberhasilan bisnis. Jadi, sebelum memulainya, pastikan Anda mencari pemasok atau supplier terbaik yang memberikan hasil tanaman hidroponik dengan hasil terbaik. Dalam memilih bibit tanaman, pastikan Anda memperhatikan kualitas, mengecek  dan menganalisa track record, mempertimbangkan konsistensi, dan cobalah meminta produk sampel sebelum Anda membeli dengan partai besar.

Membangun Kerja Sama

Untuk mengembangkan bisnis, Anda juga bisa melakukan kerja sama dengan pihak yang membutuhkan dan bisa memberikan keuntungan, misalnya restoran, hotel, supermarket, dan sebagainya. Dengan membangun kerja sama, Anda bisa mengembangkan bisnis hidroponik lebih cepat. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan pemilik toko di pasar dan mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

Manfaatkan Social Media

Di era digital seperti sekarang, social media menjadi salah satu tren teknologi yang hampir setiap menit digunakan oleh semua orang. Sehingga, media ini bisa menjadi salah satu media yang membantu Anda memasarkan bisnis dengan lebih mudah dan menjangkau target yang lebih luas, bahkan hingga ke luar negeri.

Agar produk dan bisnis Anda bisa bekembang dengan baik, cobalah mulai dengan membuat konten yang menarik perhatian pelanggan, mulai dari memberikan tips, fakta-fakta hidroponik, hingga memberikan promo menarik. Semuanya bisa disesuaikan dengan pesan apa yang ingin Anda bangun tentang produk tersebut.

Bagikan Kartu Nama Bisnis

Selain social media, Anda juga bisa mempromosikan bisnis dengan mencetak kartu nama dan membagikannya ke pelanggan potensial. Selain mempromosikan bisnis, kartu nama juga bisa membantu Anda terlihat lebih profesional dengan memberikannya kepada rekan bisnis ataupun supplier. Sehingga, bisnis Anda bukan sekedar bisnis hidroponik, tapi juga bisnis yang memiliki kredibilitas tinggi dan profesional. Dengan begitu, pelanggan atau rekan bisnis bisa lebih percaya dan ingin menjalin kerja sama ataupun membeli produk dari bisnis Anda.

Untuk membuat dan mencetak kartu nama dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan kartunama.net sebagai salah satu platform yang dapat membantu Anda membuat kartu nama dengan mudah, kapan dan di mana saja, serta siap dicetak hanya dengan 2 jam. Setelah itu, kartu nama yang Anda buat akan siap dikirim ke lokasi Anda saat ini. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama dan mulai bisnis hidroponik Anda sekarang juga!